antarajabar - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Garut, Jawa Barat, berupaya menyiapkan rambu-rambu di jalur wisata maupun jalan utama untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat saat libur Natal maupun pergantian tahun.

"Yang masih kurang itu (rambu-rambu) ke jalur objek wisata, makanya saat ini sedang disiapkan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman, kepada wartawan di Garut, Rabu.

Ia menuturkan, Dinas Perhubungan Kabupaten Garut telah menyiapkan sarana dan prasarana menjelang libur Natal dan tahun baru untuk kenyamanan dan keamanan masyarakat, terutama wisatawan yang berlibur ke Garut.

Petugas Dinas Perhubungan juga, kata dia, bersama kepolisian dan unsur terkait lainnya telah memeriksa setiap jalur, seperti jalan nasional maupun kabupaten untuk kesiapan Natal dan Tahun Baru.

"Infrastruktur jalan semua diperiksa, termasuk kelengkapan jalan seperti rambu, penerangan dan sebagainya kita siapkan," katanya.

Ia menyebutkan, rambu yang saat ini dibutuhkan untuk kenyamanan pengguna jalan yaitu di jalur menuju wisata seperti Darajat di Kecamatan Pasirwangi.

Menurut dia, jalur yang memiliki tanjakan dan turunan serta berkelok itu membutuhkan penerangan, maupun rambu-rambu bahaya agar pengendara dapat berhati-hati.

"Jalur wisata butuh penerangan, dan rambu-rambu bahaya lainnya, apalagi musim hujan rawan bencana, makanya harus ada plang yang jelas tentang rawan bencana," katanya.

Ia menambahkan, selain menyiapkan rambu, sejumlah personel Dinas Perhubungan juga disiapkan di beberapa titik untuk pengamanan jalur selama libur Natal dan tahun baru.

Upaya lain untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan, kata Suherman, pemerintah juga memberlakukan larangan beroperasi bagi truk besar selama operasi pengamanan Natal dan tahun baru.

"Diimbau mulai tanggal 23 Desember tidak boleh ada kendaraan truk atau tronton beroperasi," katanya.***1***

(U.KR-FPM/C/I007/I007) 20-12-2017 08:14:49

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017