antarajabar - Pemerintah Kota Bandung memberikan bantuan hibah untuk sektor pendidikan sebesar Rp30 miliar yang ditujukan bagi mahasiswa di perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ada di Kota Bandung.

"Dengan jumlah yang cukup tersebut, memberikan dampak kemudahan untuk mahasiswa agar menjalankan kuliahnya semakin baik," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Selasa.

Pria yang akrab di sapa Emil ini mengatakan dana tersebut akan dibagikan dengan rincian rata-rata sekitar Rp4 juta sampai Rp6 juta/mahasiswa di 56 perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Program ini sebetulnya sudah dijalankan saat masih dipimpin oleh wali kota sebelumnya, Dada Rosada. Meskipun jumlah anggaran yang disediakan berbeda, dulu hanya Rp4 miliar dan sekarang saat jumlahnya melonjak hingga Rp30 miliar.?

"Dengan begini, indeks pendidikan di Kota Bandung semakin baik. Sehingga orang berilmu makin tinggi ilmu dan semangatnya," kata dia.

Untuk mekanismenya, mahasiswa hanya tinggal mengajukan permohonan beasiswa kepada tata usaha di perguruan tinggi masing-masing. Setelah itu, pihak TU akan mengarahkan agar beasiswa dapat segera cair.

Selain program tersebut, Kota Bandung pun terus berupaya meningkatkan pendidikan yang bermutu dan merata.

Salah satu program peningkatan mutu sekolah seperti Kartu Bandung Juara di mana warga yang tidak mampu, dibiayai oleh pemerintah kota Bandung seperti pembelian sepatu, seragam dan keperluan sekolah lainnya.?

"Di Kota Bandung tidak boleh ada yang tidak sekolah," kata dia. 

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017