antarajabar - Para nelayan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, berhenti melaut untuk mencari ikan akibat cuaca buruk yang selama beberapa hari melanda perairan laut selatan Jabar dan dikhawatirkan membahayakan keselamatan nelayan.

"Nelayan di sini tidak berani melaut, karena anginnya masih besar, sejak pagi sampai malam anginnya besar," kata Ketua Nelayan Pantai Rancabuaya, Kecamatan Caringin, Garut, Asep Hidayat melalui telepon seluler di Garut, Rabu.

Ia menuturkan, angin kencang dan hujan melanda selatan Jabar itu disebut juga sebagai Siklon Tropis Cempaka yang sudah terjadi sejak tiga hari lalu.

Gelombang laut di pantai selatan Garut, kata dia, mencapai tiga meter yang dinilai akan membahayakan nelayan jika memaksakan diri untuk melaut.

"Jika dipaksakan melaut khawatir membahayakan jiwa para nelayan," katanya.

Ia menyampaikan, cuaca yang tidak mendukung untuk melaut itu telah diberitahukan kepada seluruh nelayan, khususnya di wilayah Pantai Rancabuaya.

Selama tidak melaut itu, kata dia, seluruh perahu milik nelayan diparkir di sepanjang pantai selatan Garut sampai cuaca dipastikan aman untuk melaut.

"Jadi lebih baik diparkir saja perahunya karena kalau memaksakan diri melaut bisa membahayakan keselamatan nelayan," katanya.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017