antarajabar - Provinsi Jawa Barat kini resmi memiliki hubungan saudara dengan Souss Massa Region, Maroko, setelah Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) dan Presiden Souss Massa Region Brahim Hafidi menandatangani MoU bertempat di Kantor Wali Region Souss Massa, Rabu (15/11) sore waktu setempat.

Gubernur Aher dalam siaran persnya, Kamis, mengatakan Fokus bidang kerja sama diusulkan pada MoU adalah Bidang pengembangan kapasitas sumber daya manusia khususnya bidang pendidikan dan perikanan, melalui kegiatan sharing of knowledge yang mencakup kegiatan penangkapan, budidaya, produksi, pengolahan dan pemasaran.

Kedua, peningkatan perdagangan dan investasi, melalui business matching dalam rangka penciptaan koneksi dagang antar kedua daerah dan pengembangan pasar terhadap produk dan komoditas potensial lainnya ke Maroko.

"Pada bidang investasi, melalui pembukaan pabrik atau jenis usaha lainnya yang bahan bakunya diperoleh di wilayah souss massa," kata dia.

Ketiga, lanjut Aher, adalah bidang pariwisata melalui promosi wisata dua arah dengan melibatkan kerja sama antar agen perjalanan wisata kedua daerah dan berikutnya, bidang pengembangan usaha kecil, sharing of knowledge mengenai strategi pemenuhan ?standar ekspor internasional bagi produk-produk UKM.

"Lalu pada bidang kebudayaan, melalui penyelenggaraan kolaborasi event budaya (kesenian, olahraga dan pemuda, serta bahasa) antarkedua daerah," kata Aher.

"Sebagai tahap awal kerja sama ini, akan segera diselenggarakan rapat kerja bersama dalam rangka merumuskan rencana kerja yang berisi program dan kegiatan sesuai ruang lingkup kerja sama untuk periode 2017 - 2022 sekaligus menyusun kesepakatan Pengaturan pelaksanaan (implementing arrangement) yang akan mengatur kegiatan secara rinci persektor," lanjutnya.

Aher berharap kerja sama provinsi bersaudara antara Jawa Barat dan Souss Massa dapat memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat luas di dua daerah.

Ia juga mengapresiasi dukungan penuh yang diberikan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI Rabat untuk Kerajaan Maroko dan Mauritania, ED Syarief Syamsuri yang menurutnya telah berhasil menjalankan mekanisme konsultasi dan koordinasi.

Pada 18 April 2017  telah diselenggarakan penandatanganan Letter of Intent pembentukan hubungan kerjasama provinsi bersaudara antara Souss Massa Region dan Provinsi Jawa Barat di Kota Agadir.

Bidang kerja sama yang potensial disepakati di antaranya pada bidang pengembangan usaha kecil dan menengah, perikanan, pariwisata, perdagangan dan investasi, seni dan budaya, pendidikan dan bidang lainnya yang disepakati

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017