Antarajabar.com - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyatakan jaringan listrik tersambung secara merata ke setiap daerah akan  mendorong produktivitas sehingga dapat meningkatkan taraf hidup perekonomian masyarakat.

"Kalau gak ada listrik sulit juga, listrik bisa membangun produktivitas," kata Deddy saat menghadiri Peresmian Jaringan Listrik Pedesaan untuk 233 dusun di wilayah PT PLN Distribusi Jabar di Desa Tanjung Karang, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis.

Ia menuturkan, pembangunan ada di pinggiran daerah sehingga perlu didukung agar pembangunan terus berkembang di pelosok daerah Jabar.

Upaya membangun daerah itu, kata dia, salah satunya membangun jaringan listrik agar semua rumah penduduk dapat menikmati manfaat listrik.

"Jaringan listrik juga dapat menghemat biaya dibandingkan pakai minyak tanah yang lebih mahal," katanya.

Ia mengungkapkan, manfaat utama dari terfasilitasinya jaringan listrik yaitu dapat mendorong produktivitas masyarakat melakukan usaha sehingga perekonomiannya tumbuh.

Masyarakat pelosok daerah, kata dia, dapat membuat suatu produk sesuai potensi daerahnya kemudian menjadi sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

"Masyarakat bisa memproduksi sesuatu dari produk-produk rumah tangga sesuai potensi daerah masing-masing," katanya.

Deddy menambahkan, selain mendongkrak produktivitas masyarakat, keberadaan listrik juga akan menambah semangat anak-anak untuk beraktivitas belajar pada malam hari.

Menurut dia, jika masyarakat terus tumbuh dengan kecerdasan belajar juga perekonomiannya berkembang baik maka akan mampu menyelesaikan persoalan kemiskinan.

"Persoalan kemiskinan bisa selesai sedikit-sedikit," katanya.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017