Antarajabar.com - Kepengurusan Forum Kerja Sama Ormas Islam (Formasi) akan dibentuk hingga ke kabupaten/kota setelah sebelumnya mendeklarasikan pembentukan di tingkat Provinsi Jawa Barat, di Kota Bandung.

"Yang paling dekat, Insya Allah Formasi akan dibentuk di Kabupaten Ciamis yang diinisiasi oleh ormas-ormas yang berada di Kota Galuh tersebut dan kami dari Formasi Jabar kami sangat mendukung dibentuknya Formasi di Kabupaten Ciamis," kata Ketua Formasi Jawa Barat, HM Rizal Fadillah di Bandung, Selasa.

Rizal mengatakan selain di Kabupaten Ciamis, Formasi juga akan dibentuk di daerah Cirebon dan pihaknya akan mendukung penuh lahirnya Formasi di setiap daerah.

"Alhamdulillah, respon dari masyarakat sangat positif dan besar. Buktinya, Cirebon juga akan mendirikan Formasi," kata dia.

Menurut dia, pascapembentukan Formasi Jabar, Ormas-ormas Islam di kabupaten/kota sangat merespon positif karena terdapat beberapa daerah di Jawa Barat yang melaksanakan Pilkada Serentak pada tahun depan.

"Sehingga mereka memiliki kepedulian yang besar menghadapi Pilkada tersebut," katanya.

Ia menuturkan Ormas Islam harus memiliki peranan dan kontrubusi besar dalam konstelasi politik.

Keberadaan Formasi, kata dia, bertujuan untuk memperkuat umat supaya pedulo terhadap masalah politik karena selama ini umat Islam tidak menganggap penting politik.

"Saya kira ormas Islam harus menjadi kekuatan umat dan membela umat di semua bidang termasuk politik," kata dia.

Sementara itu terkait Pilgub Jawa Barat 2018, Formasi Jawa Barat akan melakukan komunikasi dan koordunasi dengan semua elemen masyarakat. Termasuk ormas-ormas etnis, seni, dan budaya.

"Kami akan berkomunikasi dengan Ormas-ormas lain seperti Paguyuban Pasundan, AMS, Bamus, dan Orma-ormas lainnya," kata dia.

Pewarta:

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017