Antarajabar.com - Kerajinan rotan model minimalis saat ini paling diminati oleh pasar internasioanl, baik berupa sofa, kursi dan perangkat rumah lainnya, kata seorang karyawan bagian ekspor.

"Kerajinan rotan minimalis yang lagi ngetren dan juga kebanyakan mencari model ini," kata seorang karyawan bagian ekspor CV Mekar Asih Rotan, Siti Anisah, di Cirebon, Sabtu.

Dia mengatakan saat ini pasar internasional khususnya di Eropa sedang menggandrungi model minimalis, baik kerajinan rotan berupa kursi, tampat sepatu, lemari dan lainnya.

Saat ini kebanyakan permintaan model minimalis itu dari Jerman, Yunani, Rumania, Bulgaria, dan masih ada yang lain di kawasan Eropa.

"Bulan sekarang memang ekspor sedikit sepi, namun ya permintaan mereka kebanyakan model minimalis," ujarnya pula.

Dia mengakui pasar ekspor akan mulai ramai kembali ketika memasuki Natal atau tahun baru, mengingat pada bulan tersebut order mulai meningkat kembali.

Sedangkan perbandingan dengan tahun 2016, menurutnya, pasar internasioanl lebih menggeliat pada tahun 2017 ini dengan persentase peningkatan sebanyak 20 persen.

"Tahun ini ada peningkatan sekitar 20 persen untuk pasar ekspor dari tahun 2016 lalu," katanya lagi.

Siti mengatakan saat ini perusahaannya setiap bulan bisa mengirim sebanyak delapan kontainer, semua berupa barang-barang bermodel minimalis.

Perwakilan dari perusahaan rotan lainnya, Salma mengatakan kebanyakan saat ini permintaan dari pasar internasional model minimalis. "Kebanyakan mintanya model minimalis," katanya.

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017