Antarajabar.com - Sejumlah DPC PPP kabupaten/kota di Jawa Barat berharap partainya mengusung pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum pada Pilgub Jawa Barat 2018 karena pasangan ini dianggap ideal dengan  sama-sama memiliki kapabilitas yang baik.

DPC PPP Kota Bandung Zaenal Muttaqien, di Bandung, Selasa, mengatakan pihaknya memang belum memiliki surat keputusan (SK) kepengurusan dari DPP PPP tapi unsur PPP di wilayahnya sangat berharap adanya kader yang maju pada pilgub tersebut.

"Kami menilai pasangan Emil-Uu sangat tepat untuk diusung karena keduanya sama-sama memiliki prestasi dan pengalaman yang baik di pemerintahan," kata dia.

Keduanya pun, kata dia, masih tergolong muda sehingga diharapkan membawa inovasi-inovasi baru untuk Jawa Barat.

"Dan sebagai orang Bandung, saya merasakan betul kualitas Kang Emil. Dari kader PPP, Pak Uu juga bagus," katanya.

Menurut dia sosok Bupati Tasikmalaya memiliki pengalaman yang baik karena sudah dua periode menjabat dan juga memiliki kedekatan yang baik dengan masyarakat.

"Pak Uu prestasinya bagus. Untuk pilgub, beliau juga sudah sosialisasi, sudah massif. Cocok disandingkan dengan Kang Emil, apalagi kalau Pak Uu jadi gubernurnya," kata dia.

Sementara itu Ketua DPC PPP Kabupaten Bandung Barat Samsul Maarif juga berharap partainya mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur.

Akan tetapi kata dia, pencalonan Emil ini harus diiringi dengan pengusungan kader PPP sebagai calon wakil gubernur. "Tentunya harus didampingi oleh kader PPP, yaitu Pak Uu Bupati Tasikmalaya," katanya.

Samsul optimistis pasangan Emil-Uu ini akan menjadi yang terbaik untuk memimpin Jawa Barat selanjutnya dan ia mengibaratkan pasangan ini sebagai koalisi beda kolam meski ikannya bermacam-macam namun bisa bersatu.

"Jika meminjam istilah Pak BJ Habibie, ini tuh laksana pertemuan Jerman-Makkah. Ridwan Kamil personifikasi Jerman sebagai arsitek dan teknokrat, Pak Uu personifikasi Makkah karena beliau dari kalangan pesantren besar dan bersejarah di Jawa Barat, juga keturunan ulama besar," kata dia.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berharap Ridwan Kamil juga bisa melakukan komunikasi dengan seluruh unsur partai tersebut di Jawa Barat karena selama ini sosok Emil dianggap hanya berkomunikasi dengan tataran pusat saja.

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat PPP Qoyum Abdul Jabar mengatakan, hingga saat ini Emil belum menjalin komunikasi dengan Dewan Pimpinan Wilayah PPP Provinsi Jawa Barat.

"Padahal, peran DPW PPP sangat besar dalam menghadapi ajang demokrasi tersebut. Saya cek ke DPW PPP Jawa Barat, Kang Emil belum komunikasi," kata Qoyum.

Namun berbeda dengan itu, menurutnya Emil sangat intensif berkomunikasi dengan DPP PPP di Jakarta. "Kang Ridwan Kamil sudah berkomunikasi dengan DPP PPP intens berkomunikasi," katanya.

Oleh karena itu, dia berharap Wali Kota Bandung itupun bisa segera menjalin komunikasi yang baik dengan DPW PPP.

"Dan saya juga berharap Ridwan Kamil bisa berkomunikasi dengan DPW," katanya.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017