Antarajabar.com - Pemerintah Kota Bandung akan memperbaiki 15 ruas trotoar hingga akhir tahun 2017, guna mewujudkan kota yang ramah terhadap pejalan kaki serta bagi penyandang disabilitas.

"Pengerjaan revitalisasi trotoar ini mengusung konsep universal dengan sebaik mungkin mengakomodasi para pengguna trotoar," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Iskandar Dzulkarnaen, di Bandung, Senin.

Dzul mengatakan, beberapa trotoar yang akan direvitalisasi tahun ini yakni di Jalan Setiabudi, Elang Raya, Hariang Banga, Tamansari, Wastukancana, Jalan Aceh, dan Alun-alun timur.

Menurutnya, konsep universal yang dimaksud adalah trotoar tersebut dapat diakses oleh setiap orang, termasuk bagi penyandang disabilitas. Nantinya setiap trotoar yang baru direvitalisasi terdapat guide block.

"Yang selama ini kami gunakan adalah guide block berupa keramik berwarna kuning dengan ada teksturnya. Itu memudahkan bagi mereka penyandang disabilitas," katanya.

Untuk revitalisasi trotoar ini, Pemkot Bandung mengalokasikan dana sebesar Rp.170 miliar termasuk perbaikan gorong-gorong di bawahnya.

Setiap tahunnya, kata dia, ada sekitar 25-30 kilometer trotoar di 15-20 ruas jalan yang direvitalisasi oleh DPU Kota Bandung. Hingga tahun ini, ada sekitar 75 kilometer trotoar yang sudah direvitalisasi di berbagai ruas jalan di Kota Bandung.

"Tahun ini pun demikian, total ada sekitar 25 kilometer yang akan kami revitalisasi," katanya. 

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017