Antarajabar.com - Jalur pendakian Gunung Ciremai di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, masih dibuka seperti biasa dan tidak ada penutupan seusai terjadi kebakaran di kawasan lereng.

"Jalur pendakian masih dibuka seperti biasanya, baik di jalur Majalengka, Palutungan dan Linggarjati," kata Humas TNGC, Agus Yudantara saat dihubungi melalui telepon seluler di Kuningan, Jumat.

Agus mengatakan kebakaran yang terjadi di lereng kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) tidak berdampak pada jalur pendakian yang berada di dua Daerah.

Karena kata Agus, kebakaran yang terjadi pada Kamis (21/9) sekitar 09.45 WIB tersebut tidak sampai ke puncak, karena hanya di ketinggian 300 sampai 400 meter di atas permukaan laut (Mdpl).

"Kebakaran yang terjadi tidak sampai ke puncak, hanya dikisaran 300-400 mdpl," tuturnya.

Agus memastikan kebakaran yang terjadi di lereng TNGC sudah bisa dipadamkan pada Kamis (21/9) tengah malam sekitar pukul 23.30 WIB.

Menurutnya api mulai membakar kawasan lereng TNGC, pada hari Kamis sekitar pukul 09.45 WIB dan lahan yang terbakar merupakan semak belukar.

Agus mengatakan saat ini pasukan pemadam yang diterjunkan sebagian sudah ditarik, karena memang api sudah tidak merambat lagi dan bisa dikendalikan.

"Tapi ada juga sebagian yang masih menjaga disekitar kawasan yang terbakar, dikhawatirkan api muncul lagi," tuturnya.

Pemadaman yang dilakukan oleh pasukan gabungan menggunakan kepyok, mesin jet, jet suter dan sebagiannya. Menurutnya kawasan lereng yang terbakar masih dekat dengan sumber air dan juga medan tidak terlalu berat.

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017