Antarajabar.com - Kepolisian Resor Cirebon, Jawa Barat,  mengamankan seorang pelaku penggelapan sepeda motor dan dua orang penadah.

"Pelaku berpura-pura meminjam sepeda motor kepada korban, namun tidak dikembalikan kepada korban selaku pemiliknya dan dijual kepada orang lain lagi," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Cirebon, AKP Reza Arifian di Cirebon, Kamis.

Reza mengatakan pelaku yang berinisial IS sesuai alamat KTP yaitu Dusun Maja 1 Rt 03 Rw 01 Desa Sidamulya Kecamatan Asjap Kabupaten Cirebon.

Pelaku kata Reza diamankan pada hari Senin (18/9) sekitar pukul 21.00 WIB.

"Pelaku merupakan spesialis penipu sepeda motor sebagaimana dimaksud dalam Pasal 372 atau 378 KUHP," tuturnya.

Selain mengamankan seorang pelaku penipuan, Polisi juga menggelandang dua orang yang diduga sebagai penadah hasil penipuan  dua sepeda motor, yaitu satu unit Yamaha Vixion E 5371 MZ Honda Beat E 5266 MT.

"Dua penadah tersebut masing-masing berinisial DI dan TN," ujarnya.

Reza menambahkan kronologis penangkapan yaitu hasil penyelidikan dan koordinasi dengan cara dipancing oleh korban didapati informasi bahwa tersangka tersebut berada disalah satu minimarket di Mundu Cirebon.

Kemudian Tim Tekab 852 Polres Cirebon melakukan koordinasi dengan Unit Reskrim Polsek Lemahabang, dan Unit Reskrim Polsek Mundu dan melakukan penangkapan terhadap pelaku tersebut.

"Selanjutnya dilakukan pengembangan kepada penadah hasil kejahatan DI di Pamanukan Subang dan berhasil menangkap pelaku pertolongan jahat berikut barang bukti satu unit sepeda motor Yamaha Vixion," katanya.

"Setelah hasil pemeriksaan, kemudian Tim Tekab 852 Polres Cirebon bersama Unit Reskrim Sek Lemah Abang melakukan pengembangan lagi dan berhasil melakukan penangkapan kepada penadah TN dan didapati beberapa barang bukti yaitu Yamaha Mio Hitam E 5585 OD, dan motor Yamaha Mio Soul Warna Biru E 3221 ZJ," katanya lagi.

Reza mengatakan barang bukti yang berhasil disita dari para pelaku yaitu berjumlah tujuh unit sepeda motor dengan berbagai TKP, ada juga yang dari Brebes Jawa Tengah.

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017