Antarajabar.com - Ratusan sukarelawan  yang terdiri dari masyarakat peduli budaya, mahasiswa dan dosen akan dilibatkan dalam rangkaian Festival Keraton Nasional (FKN) XI di Kota Cirebon, Jawa Barat, pada September ini.

"Awalnya banyak yang bertanya dan ingin berpartisipasi dalam kegiatan FKN, maka kami bentuk Volunteer Kasepuhan Kreatif (VKK)," kata Sultan Keraton Kasepuhan, Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat di Cirebon, Rabu.

FKN XI diagendakan resmi berlangsung pada 15-19 September 2017 di Kota Cirebon dan tiga keraton Cirebon yaitu Kasepuhan, Kanoman dan Kacirebonan, ditambah Taman Air Gua Sunyaragi, akan menjadi empat venue gelaran festival besar tersebut.

Dalam FKN XI ini kegiatan akan melibatkan sedikitnya 200 relawan dari berbagai kalangan yang sudah tergabung pada wadah VKk.

Sultan mengatakan peran para relawan VKK di antaranya membantu keraton menyukseskan kegiatan, baik di bidang kesenian, kesehatan dan lainnya.

"Termasuk bertindak sebagai pemandu bagi pengunjung. VKK merupakan wadah publik peduli budaya yang pertama dan kedepannya, tak menutup kemungkinan VKK akan dilibatkan untuk kegiatan Keraton Kasepuhan lainnya," ujarnya.

Sultan menambahkan dalam rangka menyambut FKN bertempat di Taman Air Goa Sunyaragi digelar berbagai event Gelar Budaya Nusantara, dimana pada acara tersebut akan diisi dengan penampilan tradisional maupun kontemporer.

"Penyelenggaraan berbagai event dalam rangka menyambut FKN yaitu di Taman Air Goa Sunyaragi mulai dari tanggal 5 sampai 20 September 2017," katanya lagi. 

Pewarta: Khairul Izan

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017