Antarajabar.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan, lari lintas alam   West Java Eco Marathon 2017 menjadi upaya mempromosikan potensi pariwisata di Jabar ke tingkat nasional maupun mancanegara.
       
 "Saya sangat mendukung kegiatan maraton ini sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan promosi wisata di Jabar," kata Gubernur yang akrab disapa Aher saat jumpa pers West Java Eco Marathon (WEM) di Gedung Sate, Bandung, Senin.
        
Ia menuturkan, Pemerintah Provinsi Jabar mendukung kegiatan olahraga tersebut sebagai bagian untuk mempromosikan wisata kepada masyarakat luas.
        
Selain itu, lanjut dia, lomba lari maraton yang diikuti peserta dari berbagai daerah juga luar negeri menjadi bagian menyehatkan masyarakat juga mengkampanyekan pelestarian lingkungan.
        
"Selain sehat, acara ini menjadi media kampanye pelestarian lingkungan," kata Aher.
        
Ia menambahkan, Indonesia memiliki banyak acara tentang lari maraton tingkat internasional, seperti yang digelar di Jakarta, Bali, Jawa Tengah dan beberapa daerah lainnya.
        
"Event ini akan menjadi event tahunan pertama yang secara resmi digelar oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat," katanya.
        
Sementara itu, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Jawa Barat, Yudha M Saputra menambahkan, acara Marathon Internasional di Jabar itu akan dilaksanakan 15 OkOber 2017.
        
Rute jalurnya, kata dia, melintasi Gunung Wayang Windu dan Gunung Tilu yang berada di kawasan Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.
         
"Sungguh akan menjadi pengalaman berlari yang lain daripada yang lain, karena diadakan di ketinggian antara 1.100-1.750 dpl," katanya.
         
West Java Eco Marathon tahun ini memperlombakan empat kategori yaitu 5 km, 10 km, 21 km (Half Marathon) dan 42 km (Full Marathon).
        
Pesertanya berasal dari dalam dan luar negeri yang hingga saat ini sudah ada 202 peserta pendaftar.
        
"Diharapkan event ini minat masyarakat untuk berolah raga akan semakin meningkat," katanya.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017