Antarajabar.com - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Cianjur, Jawa Barat, akhir tahun akan menjalankan program online dan membuat jaringan guna meningkatkan pelayanan serta menghapus percaloan.
        
Kepala DPM-PTSP Cianjur, Endang Suhendar di Cianjur, Rabu, mengatakan, saat ini pihaknya baru menerapkan sistem satu data di dalam instansi, dimana pendaftaran atau permohonan perizinan yang telah lengkap diinput dalam data untuk selanjutnya diproses.
        
"Sebelumnya semua serba manual, sekarang sudah berjalan jaringan satu data untuk layanan di kantor, sehingga data yang tidak terinput di server, tidak akan diproses," katanya.
        
Ke depan, ungkap dia, akan terus dikembangkan layanan online, pendaftaran permohonan perizinan ataupun  penanaman modal dapat dilakuakn dimana dan kapan saja, termasuk bagi investor di luar Cianjur tinggal membuka website DPM-PTSP dan menempuh prosesdur yang berlaku dalam sistem.
        
"Targetnya diperubahan sudah dianggarkan dan diproses, sehingga kahir tahun dapat berjalan optimal. Kami juga berencana membuat layanan perizinan keliling dan gerai di setiap wilayah di Cianjur," katanya.
         
Hal tersebut, tambah dia, untuk mengakomodir layanan perizinan di setiap wilayah, sehingga yang dari Cianjur selatan tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk menyelesaikan izin.
        
"Percepatan terus dilakukan, meskipun bertahap, untuk layanan mobil perizinan keliling, kemungkinan di tahun depan.
   
Perbaikan layanan dilakukan untuk mengantisipasi adanya calo perizinan karena dengan sistem yang kali ini pun calo sudah drastis menurun dan hampir tidak ada," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017