Antarajabar.com - Pemerintah Kota Bandung meluncurkan Kartu Bandung Juara untuk memfasilitasi pemenuhan kebutuhan perlengkapan pelajar sekolah dasar dan menengah pertama dari keluarga yang ekonominya kurang mampu.

"Hari ini, anak-anak tidak mampu, bajunya, sepatunya, tasnya dibiayai oleh Pemerintah Kota Bandung," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Balai Kota, Senin.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan mulai tahun ajaran 2017/2018, sebanyak 36.580 siswa SD dan 24.702 siswa SMP akan mendapatkan kartu tersebut. Dana yang digelontorkan pemerintah kota untuk Kartu Bandung Juara sebesar Rp70,68 miliar.

Bantuan tersebut didistribusikan pemerintah melalui kerja sama dengan koperasi siswa dan toko perlengkapan sekolah. Dengan begitu, penyaluran bantuan tidak dalam bentuk uang, melainkan langsung berupa barang.

"Cara belanjanya menggunakan kartu tadi sebagai identitas. Bisa belanja di koperasi sekolah, bisa di toko-toko yang diajak kerja sama," kata dia.

Selain Kartu Bandung Juara, pemerintah juga mengeluarkan bantuan bagi siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP) di sekolah swasta dan sekolah di tingkat menengah, yakni SMA dan SMK. Meski saat ini pengelolaan SMAN/sederajat telah dikelola oleh pemerintah provinsi.

"Tapi karena warga Kota Bandung, maka ditambahi perlindungannya untuk peralatan pendidikan dibiayai oleh Pemerintah Kota Bandung," kata dia.

Sementara program bantuan bagi RMP ini, Pemkot Bandung mengalokasikan dana sebesar Rp.141,78 miliar yang terdiri atas tiga komponen yakni bantuan operasional, bantuan investasi serta bantuan personal.

Bantuan operasional diberikan kepada seluruh siswa dijenjang pendidikan dasar, dan hanya siswa RMP dijenjang pendidikan menengah. Bantuan Investasi diberikan kepada siswa RMP kelas awal yang direkomendasikan.

Bantuan operasional dan bantuan investasi disalurkan melalui sekolah agar dikelola untuk kepentingan siswa. Sementara itu, Bantuan personal diberikan langsung kepada seluruh siswa RMP, baik di tingkat pendidikan dasar maupun menengah, dalam bentuk Kartu Bandung Juara.

"Ini adalah contoh keberpihakan Pemerintah Kota Bandung dengan memaksimalkan perlindungan pendidikan dan ekonomi kepada warga yang tidak mampu," ujarnya. 

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017