Antarajabar.com - SMA Negeri 3 Bandung memastikan tidak ada siswa "titipan" di luar prosedur yang telah ditetapkan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK melalui jalur akademik maupun non akademik 2017/2018.
     
"Alhamdulillah tidak ada (siswa titipan). Paling yang minta bantuan gimana caranya buat masuk (ke SMAN 3 Bandung) tapi kami tolak," ujar Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Kota Bandung Andang Segara di Bandung, Senin.
      
Andang mengatakan, orang tua yang mencoba meminta bantuan agar anaknya bisa bersekolah di SMAN 3 Bandung berasal dari berbagai kalangan. Seperti pejabat pemerintahan, anggota partai, anggota DPRD, dan sejumlah posisi strategis lainnya.
        
"Banyak, tapi karena tidak sesuai prosedur juklak (petunjuk pelaksana), juknis (petunjuk teknis) kita tolak kita sarankan ke sekolah lain," katanya.
    
Dia menuturkan, sejauh ini tidak ada protes dari orang tua yang ditolak. Hal itu karena panitia PPDB SMAN 3 Bandung, mencoba untuk menjelaskan mengenai prosedur mekanisme yang kini telah diatur oleh Pemerintah Provinsi mengenai penerimaan PPDB 2017.
      
"Setelah dijelaskan ada prosedur, mekanisme, ada tenggang waktu, jadi tidak bisa (masuk)," kata dia.
      
Namun, dia menjelaskan, siswa yang ditolak tetap dapat masuk ke SMAN 3 Bandung melalui jalur seleksi mutasi. Akan tetapi, siswa yang daftar tidak akan serta merta langsung diterima ketika kembali mendaftar.
       
Para siswa akan terlebih dahulu menjalani serangkaian tes, seperti tes akademik, wawancara, tes kemampuan, nilai raport, serta tes lainnya. Selain itu, jumlah yang akan diterima melalui seleksi mutasi ini dibatasi hanya 30 siswa.
      
"Seleksi mutasi itu, diperuntukan siswa pindah sekolah, untuk kelas 10 atau kelas 11 Kalau kelas 12 ga boleh. Ada aturan di Permendiknas," katanya.
     
Dalam PPDB 2017, SMAN 3 Kota Bandung menerima 288 peserta didik baru melalui jalu non akademik dan jalur akademik yang dibuka sejak tanggal 3-8 Juli 2017. Dari jumlah ratusan tersebut 116 peserta melakui Non akademik dan 172 melalui jalur akademik. Sementara untuk siswa kebutuhan khusus hanya ada satu orang yang mendaftar.
     
SMAN 3 Bandung sendiri menjadi salahsatu sekolah yang banyak diminati orang tua dalam menyekolahkan anaknya. Sekolah yang terletak di Jalan Belitung ini, bersaing dengan sejumlah sekolah favorit lain, seperti SMAN 8 Bandung, SMAN 2 Bandung, SMAN 5 Bandung, dan SMAN 20 Bandung.

Pewarta: Asep F

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017