Antarajabar.com - Departemen Luar Negeri AS pada Kamis (6/7) menyatakan Amerika Serikat makin khawatir bahwa sengketa antara Qatar dan negara lain Timur Tengah menjadi kebuntuan.
       
"Kami tetap sangat khawatir mengenai situasi yang berlangsung dan melibatkan Qatar serta negara GCC (Dewan Kerja Sama Teluk)," kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Heather Nauert dalam satu taklimat.
       
"Kami menjadi makin prihatin bahwa sengketa ini menjadi kebuntuan pada saat ini. Kami percaya bahwa ini berpotensi berlarut selama beberapa pekan, itu dapat berlarut selama berbulan-bulan. Itu bahkan mungkin dapat meningkat," kata Nauert, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat sore.
       
Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar pada 5 Juni dan memberlakukan langkah hukuman. Mereka menuduh Qatar "mendukung aksi teror dan mencampuri urusan dalam negeri mereka".
       
Keempat negara Arab tersebut kemudikan mengeluarkan daftar 13 tuntutan guna mengakhiri percekcokan dengan Qatar, termasuk penutupan stasiun televisi Al-Jazeera serta pemutusan hubungan diplomatik dengan Iran.
       
Namun, ketika berbicara dalam satu taklimat setelah pertemuan dengan timpalannya dari Arab Saudi, Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry pada Rabu (5/7) mengatakan bahwa reaksi Qatar terhadap tuntutan Mesir dan negara lain Teluk itu "sangat negatif".

 

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017