Antarajabar.com - "Persembahan Bumi" menjadi tema desain untuk Gedung Kesenian Jawa Barat, yang akan dibangun di kawasan Cikutra, Kota Bandung, oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Hasil penjurian, setelah dewan juri berembuk, termasuk juri kehormatan ikut berembuk untuk mendiskusikan hasil, dan pemenang, atau juara satu jatuh pada nominasi nomor WJACC2017-011, dengan tema `Persembahan Bumi,`" kata Ketua Dewan Juri WJACC Gunawan Tjahjono dari The Indonesian Institute of Architects (IAI), dalam siaran pers Pemprov Jabar, Selasa.

Gunawan menjelaskan bahwa pihaknya mensyaratkan beberapa kriteria umum dalam penilaian pertama, bangunan bukan merupakan tiruan dari bangunan yang telah ada dan dapat merepresentasikan ikon Jawa Barat yang inovatif.

"Kedua, bangunan harus memenuhi persyaratan kehandalan bangunan termasuk keamanan, keselamatan dan kenyamanan, termasuk penyediaan fasilitas aksesibilitas, khususnya difabel," katanya.

Menurut dia, pada penilaian ini, keluarlah pemenang sayembara dengan konsep "Persembahan Bumi" dan pmenang sayembara ini juga merupakan hasil penilaian oleh Dewan Juri yang merupakan pakar arsitektur, diantaranya Budi A Sukada dari The Indonesian Institute of Architects (IAI), Baskoro Tedjo (IAI), dan seniman Tisna Sanjaya. Ada juga Juri Kehormatan yaitu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat.

Dalam konsep ini, kata Gunawan, ditampilkan filosofi rangkaian pengalaman ruang spiritual, gotong-royong persembahan, perayaan, doa, dan pesta, adapun terdapat bentuk `Sangu Tumpeng` sebagai cerminan budaya masyarakat yang syarat makna.

Sementara kultur persembahan dan perayaan menggambarkan masyarakat Nusantara yang bersifat agraris, maka dari refleksi konsep tersebut terdapat bentuk yang mengadopsi petakan sawah bertangga dengan kolam sebagai irigasi buatan.

Terkait struktur bangunan, struktur yang digunakan merupakan gabungan antara konstruksi beton sebagai penahan plat lantai, konstruksi baja digunakan untuk mengubah bentuk kerucut dan load bearing wallpaper pada dinding perimeter.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menyayangkan, dari lima nominasi yang masuk babak final, dirinya menyayangkan tidak ada desain hasil karya peserta asal Jawa Barat.

"Dua desain berasal dari Jakarta, satu desain masing-masing dari Solo, Semarang, dan Yogyakarta," kata Aher.

Pada Senin (15/05), lanjut dia, di Gedung Sate, kelima nominasi dinilai oleh Tim Juri dan diperlihatkan kepada publik di Aula Timur Gedung Sate Bandung. Konsep kelima nominasi tersebut memiliki tema unik dan menarik, yaitu Menari di Panggung Alam, Persembahan Bumi, Saung Parahyangan, Saung Taluh, dan Riungan Awi.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengutarakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sengaja menggandeng IAI Jawa Barat untuk menyaring ide dan gagasan desain Pusat Seni dan Budaya Jawa Barat yang berkualitas baik dan berstandar internasional.

Deddy Mizwar mengatakan, gedung kesenian memadai perlu ada sebagai bentuk penghargaan dan fasilitas terhadap seni dan budaya. Sementara `bangunan unik` yang akan dibangun Ia yakini akan menjadi Landmark baru di Jawa Barat.

"Tadi sama-sama kita berembug, jadi memang ada beberapa pertimbangan dari berbagai aspek, teknis, konstruksi, dan segala macam, kita melihat yang jadi juara satu ini yang terbaik diantara lima nominee yang ada, kita lihat bentuk bangunannya memang belum pernah ada, nanti yang empat lainnya barang kali kita akan juga desainnya dipakai untuk membangun gedung kesenian di berbagai wilayah lainnya di Jawa Barat," kata dia.

Disamping itu ia juga mengungkapkan bahwa Jawa Barat, dan Nusantara pada umunya, memiliki seni pertunjukkan yang luar biasa maka agar bisa menghargai khasanah budaya bangsa tersebut salah satunya dengan memberikan tempat pertunjukan seni yang selayaknya.

Para juara sayembara WJACC mendapatkan hadiah diantaranya Juara 1 sebesar Rp300 juta, Juara 2 sebesar Rp 100 juta, dan Juara 3 sebesar Rp 75 juta. Sementara Juara Harapan Rp 30 juta (jumlah tersebut belum dipotong pajak).

Adapun para pemenang diantaranya, Juara 1 WJACC.011- Persembahan Bumi, Juara 2 WJACC.087 - Saung Parahyangan, Juara 3 WJACC.068 - Riungan Awi, Juara harapan 1 WJACC.009- Menari di Panggung Alam, dan Juara Harapan 2 WJACC.110- Saung Taluh.

Pewarta:

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017