Antarajabar.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) dinobatkan sebagai Gubernur Peduli Olahraga oleh Siwo Persatuan Wartawan Indonesia Pusat.

"Terima kasih kepada Siwo PWI Pusat. Sungguh beban kami cukup berat ketika ditunjuk menjadi Penyelenggara PON 2016," kata Aher dalam siaran persnya yang diterima di Bandung, Minggu.

Penobatan itu dilakukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi pada Golden Award 2017 Siwo PWI Pusat di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Penobatan Aher sebagai Gubernur Peduli Olahraga tersebut salah satunya karena telah sukses menggelar berbagai event olahraga baik nasional maupun internasional di Jawa Barat.

Puncaknya, Aher sukses menyelenggarakan PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 di Jawa Barat, bahkan Jabar berhasil menjadi juara umum.

Aher menceritakan ketika biding penyelenggara PON XIX/2016 pada 2010, Jawa Barat sungguh semangat untuk menjadi tuan rumah.

Ia berpikir PON adalah perhelatan nasional sehingga pendanaan akan berasal dari Pemerintah Pusat.

"Ternyata di luar dugaan, seluruh biayanya dari APBD Jawa Barat. Beratlah kami, tetapi beratnya penyelenggaraan tersebut mendorong kami untuk bertekad kuat menyelenggarakan PON dengan tentu saja dana yang paling besar adalah dana untuk pembangunan venue baru," ujar Aher.

Namun demikian, ada hikmah yang bisa diambil dari hal tersebut. Aher menuturkan PON memberikan dampak luar biasa sehingga Jawa Barat mempunyai lima stadion berstandar internasional saat ini, yaitu Stadion GBLA di Kota Bandung, Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung, Wibawa Mukti di Kabupaten Bekasi, Patriot Chandra Bhaga di Kota Bekasi, serta Pakansari di Kabupaten Bogor.

"Jadi ternyata memang untuk maju itu ada hal lain yang harus dipaksa dengan amanat berat. Inilah yang menurut Teori Motivasi adalah spirit yang dibangun atas amanat yang berat atau dalam bahasa kami di Jawa Barat adalah spirit of kepepet. Jadi ternyata berhasil, Alhamdulillah," kata dia.

Jawa Barat pun berhasil meraih kesuksesan dalam PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016. Sesuai dengan Empat Catur Sukses yang dicanangkan, yaitu Sukses Penyelenggaraan, Sukses Prestasi, Sukses Ekonomi, dan Sukses Administrasi.

Golden Award 2017 Siwo PWI Pusat ini digelar sebagai bentuk apresiasi bukan hanya kepada para atlet, pelatih, dan pembina olahraga yang telah berjasa mengharumkan nama Indonesia. Namun juga diberikan kepada menteri, gubernur, bupati, tokoh, serta para stakeholder olahraga lainnya.

Pewarta:

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017