Antarajabar.com - Sebanyak 53 desa wisata tersebar di 42 kecamatan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, siap dinikmati wisatawan dari berbagai daerah untuk mengisi hari libur di Garut.

"Di Garut ini sekarang punya 53 desa wisata yang menarik untuk dikunjungi," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman kepada wartawan di Garut, Jumat.

Ia menuturkan, Kabupaten Garut merupakan destinasi wisata di Jawa Barat yang terkenal dengan wisata alamnya seperti danau, pemandian air panas, laut dan pegunungan.

Wisatawan, kata dia, sekarang dapat menikmati wisata baru yakni desa wisata yang menyuguhkan tentang keunikan dan khas masing-masing desa.

"Masyarakat menata daerahnya agar menarik dikunjungi wisatawan," katanya.

Ia menyampaikan, pembangunan desa wisata itu merupakan inisiatif pemerintah desa dan masyarakatnya yang memiliki kemauan untuk memajukan daerahnya.

"Mereka punya kemauan dan mau untuk berinovasi dan memoles desanya," katanya.

Menurut dia, Kabupaten Garut termasuk setiap desanya memiliki banyak potensi jika ditata dengan baik dan menarik.

"Kalau desa bisa ditata dengan baik maka akan menambah jumlah destinasi wisata di Garut," katanya.

Sementara, desa wisata di Garut di antaranya wisata alam perkebunan My Darling atau kepanjangan dari Masyarakat Sadar Lingkungan di Kecamatan Cilawu.

Desa wisata lainnya seperti Desa Ciburial yang menyuguhkan alam pedesaan dan permainan anak-anak tradisional di Kecamatan Samarang.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017