Antarajabar.com - DPRD Cianjur, Jawa Barat, mendorong perbaikan infrastruktur menuju destinasi wisata unggulan di wilayah tersebut seperti Situs Gunung Padang dan Kawasan pengembangan padi Pandanwangi di Kecamatan warungkondang, harus memadai.

Ketua DPRD Cianjur, Yadi Mulyadi di Cianjur, Kamis, mengatakan pihaknya akan konsen dalam pengawasan program tersebut terutama dalam pembangunan infrastruktur sebagai fasilitas pendukung utama kunjungan ke destinasi unggulan tersebut.

Kalau infrastruktur jalan sudah mendukung tentunya akan menunjang keberadaan tempat wisata tersebut, sehingga akan meningkatkan angka wisatan yang datang. Termasuk dilakukan penataan di sejumlah tempat wisata yang akan diunggulkan itu," katanya.

Dia menjelaskan, tahun ini, pemkab memfokuskan anggaran ratusan miliar untuk perbaikan dan pembangunan infrastruktur, dimana rencana tersebut telah dianggarkan dalam program kerja 2017.�April nanti sudah mulai pembangunan, semuanya harus terawasi agar rencana pembangunan yang telah diprogramkan, sesuai dengan pelaksanaan," katanya.

Sementara anggota Komisi III DPRD Cianjur, Yogi Prayoga, menambahkan, proses lelang pembangunan infrastruktur tersebut, ditargetkan selai Maret, sehingga pembangunan diperkirakan dapat bergulir sesuai dengan waktu yang dijadwalkan sebelumnya.

"Kami akan mengawal langsung program tersebut, sehingga dapat terlaksana sesuai rencana dan dalam pengawasan yang terbuka. Kami optimis dengan target yang dicanangkan akan sesuai dengan waktu yang ditentukan," katanya.

Bahkan tambah dia, pihaknya tidak ingin proyek pembangunan jalan yang tidak sesuai dengan harapan karena hal tersebut akan dijadikan patokan dalam pelaksanaan pengawasan. Sehingga pihaknya akan berkordinasi dengan berbagai pihak terkait agar pada pelaksanaan pembangunan dapat berjalan sesuai dengan kenginan.

"Ini menyangkut hajat hidup orang banyak tidak hanya tentang wisatanya, termasuk perningkatan roda perekonomian warga sekitar. Bagusnya infrastruktur tentunya akan meningkatkan angka kunjungan ke sejumlah tempat wisata yang ada di Cianjur," katanya.

Sedangkan sejumlah warga di wilayah selatan Cianjur, mengharapkan hal yang sama, dimana saat ini, sejumlah destinasi wisata yang mulai dikenal kalangan luas melalui media sosial berharap mendapatkan fasilitas penunjang jalan yang baik.

"Saat ini, selatan Cianjur, memiliki destinasi wisata baru layaknya Geopark Ciletuh di Sukabumi, dimana terdapat air terjun dengan tujuh tingkat di wilayah Cidaun. Namun keberadaanya belum ditunjang dengan jalan yang layak untuk dilalui kendaraan, harapan kami ini menjadi perhatian Pemkab Cianjur," kata Rahmat Hidayat tokoh masyarakat Cianjur selatan.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017