Antarajabar.com - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menuturkan Provinsi Jawa Barat bertekad untuk mempertahankan prestasi sebagai juara umum atau "Jabar Kahiji" pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Tanah Papua.

"Pesta olahraga empat tahunan yaitu PON ke-20 sebagai barometer pembinaan prestasi olahraga antarprovinsi, yang Insya Allah akan digelar di Tanah Papua pada tahun 2020, menjadi pertaruhan kita bersama untuk membuktikan tagline Jabar Kahiji yang telah kita raih, agar dapat terus dipertahankan," kata Deddy Mizwar, harap Demiz, sapaan akrab Deddy Mizwar dalam siaran persnya, Sabtu.

Tekad untuk mempertahankan prestasi juara umum di pesta olahraga nasional empat tahunan tersebut ditegaskan oleh Deddy Mizwar saat dirinya menuturkan Rapat Anggota Tahunan 2016 KONI Provinsi Jawa Barat, di Kabupaten Karawang.

Ia berharap seluruh jajaran KONI dan Pengurus Cabang Olahraga Provinsi Jawa Barat untuk melakukan tahapan persiapan sejak dini, terutama melalui upaya pembibitan, pembinaan, dan pengembangan atlet muda potensial.

Hal lainnya, lanjut Deddy Mizwar, KONI serta para stakeholder lainnya di bidang olahraga yang ada di Jawa Barat perlu fokus menyiapkan generasi penerus atlet senior yang sudah harus pensiun.

Untuk itu, kata dia, perlu peningkatan kuantitas dan kualitas turnamen, kejuaraan, pertandingan ataupun perlombaan olahraga di setiap tingkatan dan keberadaan venue dan peralatan pertandingan yang digunakan pada PON yang ada di 16 kabupaten/kota juga menjadi modal yang sangat berharga.

"Saya juga berpesan, agar ke depan KONI dapat terus melahirkan program-program yang inovatif, terutama dalam menggalang partisipasi dan kontribusi berbagai pihak dalam menggerakkan roda pembinaan olahraga prestasi di Jawa Barat, baik dengan perguruan tinggi, komunitas, swasta, dan masyarakat," kata dia.

"Dan untuk menyambut Asian Games 2018, Saya juga berharap KONI dapat mendorong sebanyak-banyaknya atlet unggulan Jawa Barat untuk masuk dalam Pelatnas, sehingga atlet Jabar dapat benar-benar menjadi kekuatan inti nasional," lanjutnya.

 

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016