Antarajabar.com - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar meminta kepada ormas Persatuan Islam (Persis) Wilayah Jawa Barat turut serta dalam menciptakan masyarakat yang berwirausaha atau menciptakan lapangan kerja daripada mencari lapangan kerja.

"Saat ini, Indonesia memiliki jumlah angkatan kerja yang sangat tinggi, maka hal tersebut harus diimbangi dengan lapangan kerja yang terbuka lebar," kata Deddy Mizwar usai membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) VI Persis dan Persistri (Persatuan Islam Istri) PW Jawa Barat, di Bandung, Minggu.

Ia menekankan sebagai organisasi Islam, Persis perlu memberikan dorongan kepada umat untuk mengubah cara pandang atau mindset terhadap berbagai bidang kehidupan, seperti pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan bidang kehidupan lainnya.

"Maka dari itulah Jawa Barat membuka kesempatan bagi para pengusaha-pengusaha muda, khususnya para wirausaha baru, itu dalam lima tahun sampai 2018 nanti," kata dia.

"Sebanyak 100 ribu wirausahawan baru, kita mengadakan pelatihan-pelatihan untuk mengadakan wirausaha baru termasuk membuka akses keuangan untuk permodalan. Ayo diubah paradigmanya, mindset-nya," lanjut dia.

Oleh karena itu, pada saat angkatan kerja begitu tinggi ia memperkirakan Persis harus mengubah paradigm bagaimana mendapat kerja, menjadi bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan.

Ia mengatakan persaingan di era global saat ini menuntut sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas seperti persaingan di level Asia Tenggara atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Untuk itu, peningkatan kualitas SDM diperlukan memalui upaya bersama dalam meningkatkan taraf hidup kesehatan dan pendidikan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Umum PW Persis Jawa Barat masa jihad 2012-2016, Syamsul Falah pun mengungkapkan komitmennya untuk mendukung program pembangunan yang digulirkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Salah satu hal yang kini tengah digagas oleh Persis yaitu mengumpulkan para pengusaha yang ada di Persis untuk berperan serta dalam mengembangan ekonomi umat.

"PW Persis Jawa Barat siap bekerjasama untuk membangun Jawa Barat dengan berbagai komponen bangsa, tokoh masyarakat, tokoh politik, supaya Jawa Barat mencapai kehidupan yang maju dan menjadi provinsi termaju di Indonesia," kata Syamsul.

Pewarta: Ajats Sudrajat

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016