Antarajabar.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menyatakan Provinsi Jawa Barat menggelorakan kemerdekaan bagi Palestina karena spirit kemerdekaan bangsa Palestina berawal dari Kota Bandung melalui Konferensi Asia-Afrika tahun 1955.

"Di sinilah dihembuskan, digelorakan Dasa Sila Bandung untuk menggelorakan kemerdekaan bangsa-bangsa Asia dan Afrika. Seluruh bangsa-bangsa yang hadir ketika itu sudah merdeka saat ini kecuali satu, yaitu bangsa Palestina," kata Ahmad Heryawan saat menghadiri acara Aksi Solidaritas untuk bangsa Palestina  di Bandung, Sabtu.

Aher mengatakan, acara solidaritas serta kehadirannya di acara tersebut sebagai dukungan serta keberpihakan terhadap kemerdekaan bangsa Palestina dan bangsa-bangsa tertindas lainnya di berbagai belahan dunia, seperti Suriah, Afghanistan, Mesir, Yaman, Myanmar, dan negara lainnya.

"Kita hadir bukan untuk diri kita sendiri termasuk bukan untuk Indonesia saja, tapi juga kita untuk masyarakat dunia. Mari kita hadirkan gelora ini dengan baik tentu saja bersama-sama," kata dia.

Ia mengungkapkan, bahwa ketika kita mempunyai keinginan untuk membela bangsa Palestina, pada saat yang sama kita pun mesti mengokohkan rasa kebangsaan serta persatuan umat Islam di Indonesia di segala bidang, seperti ekonomi, aqidah, dan lainnya.

Menurut Aher, hal tersebut bisa mempercepat dukungan bangsa ini untuk kemerdekaan Palestina.

"Kita dorong untuk menyuarakan kemerdekaan bangsa Palestina dan wajar kalau kemudian umat Islam di Indonesia sebagai umat Islam terbesar memiliki kepedulian untuk mendorong kemerdekaan bangsa Palestina. Karena kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa," kata dia.

Dalam aksi solidaritas ini, digelar pula pertunjukan musik yakni konser kepedulian dari grup musik religi Shoutul Harokah serta stand pameran berbagai produk kerajinan dan barang.

Pewarta: Ajats Sudrajat

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016