Antarajabar.com - Kawasan Baleendah dan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung diambang banjir luapan Sungai Citarum menyusul intensitas hujan di hulu DAS Citarum cukup tinggi.
       
"Hari ini ketinggian muka air di Sungai Citarum di kawasan Baleendah sudah hampir  sampai di tanggul, bila hujan terus di hulu maka banjir akan melanda," kata Firman, salah seorang warga di Baleendah Kabupaten Bandung, Senin.
       
Dalam dua hari terakhir kawasan Kertasari dan Pacet serta kawasan Bandung timur diguyur hujan cukup deras sehingga mengakibatkan sejumlah anak sungai Citarum mengalami peningkatan debit air.
       
"Kondisi air seperti ini membuat kami siaga banjir," katanya.
       
Berdasarkan pantauan di kawasan jembatan Baleendah-Bojongsoang, ketinggian air Sungai Citarum sudah cukup tinggi, atau sekitar 50 centimeter dari ketinggian tanggul.
       
"Sepekan lalu juga air juga sempat naik, namun kala itu hujan reda. Namun dalam dua hari ini hujan deras mengguyur kawasan hulu," katanya.
        
Sementara itu sejumlah warga sudah bersiaga, termasuk membuat tenda untuk mengantisipasi banjir datang lagi. Salah satunya di kawasan Baleendah.

Pewarta: Syarif

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016