Antarajabar.com - Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat menyiapkan 15.900 kalung sehat untuk hewan kurban (sapi, kambing/domba) terkait Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah/2016 Masehi.

"Kalung sehat ini sebagai penanda kepada masyarakat bahwa hewan kurban yang jual sehat, aman, utuh dan halal," kata Kepala Dinas Peternakan Jawa Barat Dodi Firman Nugraha, di Bandung, Selasa.

Ia mengatakan seluruh kalung sehat tersebut telah diserahkan kepada kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat untuk dibagikan oleh tim pemantau kepada penjual hewan kurban.

Selain itu, lanjut dia, sebanyak 500 petugas pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban diterjunkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat guna menjamin kesehatan, keamanan dan kehalalan hewan yang akan disembelih pada Hari Raya�Idul Adha tanggal 12 September 2016 mendatang.

Ia menuturkan pemeriksaan hewan kurban di seluruh Kabupaten dan Kota di Jabar sudah dilakukan sejak tanggal 1 September lalu dan akan terus diperiksa hingga menjelang hari H.

"Pemeriksaan hewan kurban di tingkat Kokab sudah dilaksanakan sejak H-12 dan akan terus dilaksanakan kemudian sosialisasi dan bimbingan teknis ataupun pelatihan pemotongan hewan kurban juga telah dilaksanakan sejak sebulan yang lalu," kata dia.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016