Antarajabar.com - Kontingen Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XII/2016 Jawa Barat akan mengenakan pakaian adat daerah masing-masing pada acara pembukaan pesta olahraga para pewarta tingkat nasional itu yang akan digelar di Stadion Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kota Bandung, Selasa (26/7).

"Peserta defile dari kontingen akan mengenakan pakaian adat masing-masing karena Porwanas XII/2016 merupakan bagian untuk memperkuat persatuan dan kesatuan NKRI," kata Ketua Pengurus Besar PB Porwanas XII/2016 Jabar Mirza Zulhadi di Bandung, Senin.

Ia menyebutkan, para peserta membawa pakaian adat masing-masing, dan rencananya akan berdefile di lintasan stadion di kampus universitas pendidikan itu. Tim kreatif telah mempersiapkan pagelaran kolaborasi seni budaya khas dengan iringan musik etnik.

Dalam kegiatan gladi resik atau persiapan terakhir di Stadion UPI Bandung, para pengisi acara melakukan persiapan dan mematangkan konsep upacara pembukaan yang akan menjadi bingkai dari semangat profesionalisme wartawan khususnya dalam membangun kehidupan olahraga di tanah air.

Pembukaan Porwanas XII/2016 akan dilakukan oleh Menpora Imam Nahrawi dan dihadiri oleh Gubernur Jabar H Ahmad Heryawan, Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar, Ketua Umum PWI Margiono, pimpinan media dan sejumlah pejabat daerah dari sejumlah daerah di Indonesia.

Pada momen pembukaan itu, akan menampilkan performance musik dan tarian dari Ega Robot Percusion mulai dari tarian pembukaan, defile kontingen, tarian penyambutan serta beberapa tarian ceremoni lainnya.

Sedangkan alunan angklung dari tim Arumba Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung akan mengiringi Lagu Indonesia Raya dan Mars Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Sementara itu rampak kendang akan memandu detik-detik pembukaan Porwanas XII/2016 Jabar yang akan dilakukan oleh Menpora Imam Nahrawi.

Sedangkan di penghujung prosesi 'mukadimah' Porwanas akan dipungkas dengan penampilan musisi asal Jawa Barat Rika Rafika dan Doel Sumbang yang masing-masing  menyanyikan dua lagu peserta Porwanas XII/2016.
 
Sebelum upacara pembukaan digelar, akan dimeriahkan dengan pertandingan antara para legenda kesebelasan Persib Bandung melawan tim gabungan wartawan dari sejumlah daerah di Indonesia.

Pertandingan eksibisi itu akan digelar mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB akan menampilkan sejumlah legenda Persib Bandung yang menjadi bagian dari sukses Persib dalam kancah sepak bola nasional.

Sementara itu Ketua PB Porwanas XII/2016 Jabar yang juga Ketua PWI Jawa Barat menegaskan Jabar telah siap 100 persen menggelar seluruh pertandingan Porwanas yang terdiri dari 10 cabang olahraga dan satu cabang karya jurnalistik.
             
            

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016