Antarajabar.com - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengaku bangga dan mengapresiasi 150 jamaah Masjid Al-Kautsar RT 001/003 Kampung Pedurenan, Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi yang mengkhatamkan Al-Quran 20 kali dalam sehari.
       
"Dalam kegiatan Gema Quran ke-2 Tahun 2016 yang digelar oleh Masjid Al-Kautsar diikuti 105 orang peserta dengan usia SD kelas dua hingga orang dewasa. Mereka berhasil menyelesaikan membaca Al-Quran 30 Juz sebanyak 24,7 kali sehari dari target 20 kali sehari, sehingga total ada 741 Juz Al-Quran yang telah dibaca dalam sehari dari pukul 05.00 sampai pukul 18.00 WIB," kata Deddy Mizwar, dalam siaran persnya, Senin.
        
Ia berharap di kampung tersebut akan lahir hafidz dan hafidzah Al-Quran dan juga diharapkan Al-Quran sebagai pedoman hidup umat Islam, tidak hanya dibaca namun apa yang terkandung di dalamnya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
        
"Kegiatan ini sangat mendidik, khususnya untuk generasi muda. Al-Quran harus dibaca terus-menerus," katanya.
        
"Tetapi lebih jauh dan lebih penting dari hal itu bagaimana diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari isi atau kandungan yang ada di dalam Al-Quran itu sendiri. Jadi kalau dari kecil anak-anak kita dididik dengan Al-Quran maka tidak akan salah langkah, akan benar," lanjutnya.
        
Tak hanya itu, Wagub juga mengungkapkan Al-Quran dan As-Sunnah, yaitu segala sesuatu atau petunjuk yang bersumber dari Rasulullah Muhammad SAW, baik itu ilmu, perkataan, perbuatan, atau keyakinan bisa menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup ini.
       
Kedua hal tersebut merupakan hal penting yang menjadi dasar bagi umat untuk membedakan mana yang benar dan salah, khususnya di era informasi yang sudah masuk ke ruang-ruang pribadi kehidupan kita saat ini.
        
"Nabi kita, Nabi Muhammad SAW berwasiat 'peganglah pada dua hal yang diberikan pada kamu, yaitu Al-Quran dan As-Sunnah'. Coba kalau ga ada Al-Quran dan As-Sunnah - menghadapi gelombang informasi seperti ini kayak apa kita coba. Bingung," kata Deddy.
        
"Apabila tidak ada Al-Quran dan As-Sunnah dari Rasulullah, kita tidak tahu mana yang hak dan yang bathil, mana yang benar dan yang salah, kita tidak akan tahu lagi. Beruntunglah kita sebagai umat Islam, karena kita diberikan dua hal untuk pegangan hidup kita hingga bisa selamat hidup di dunia dan akhirat. Yaitu, Al-Quran dan As-Sunnah," katanya.
        
Untuk itu, di bulan suci Ramadan ini menurut Deddy bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk menggali serta memahami Al-Quran sebagai penuntun kita untuk menjalani kehidupan ini.
        
Pada kesempatan ini, Wagub pun memberikan santunan melalui DKM Masjid Al-Kautsar dan santunan tersebut ditujukan bagi kaum duafa dan anak yatim.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016