Antarajabar.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat menyiagakan 765 dokter di 80 Rumah Sakit Umum untuk melayani pemudik di jalur lintas selatan, utara dan tengah Jawa Barat pada arus mudik dan balik Lebaran 2016.

"Jadi ke-756 dokter tersebut siaga dalam pelayanan kesehatan Idul Fitri 1437 Hijriah di 80 RSU yang ada di 25 kabupaten/kota atau daerah yang dilalui pemudik," kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Alma Lucyati, ketika dihubungi melalui telepon, Minggu.

Selain dokter, kata Alma, Dinas Kesehatan Jawa Barat juga menyiagakan 4.036 perawat dan 2.530 tenaga penunjang medis lainnya terkait kesiapsiagaan dinas kesehatan dalam pelayanan kesehatan Lebaran 2016 ini.

Ia menjelaskan, fungsi dari tenaga media yang bertugas di posko mudik atau puskesmas dan rumah sakit umum daerah itu diharapkan bisa membantu pemudik yang membutuhkan layanan kesehatan.

"Sehingga nanti itu kalau kita terapkan sistem rujuk. Kalau di posko tidak memungkinkan, maka rujuk ke puskesmas dan jika puskesmas tidak sanggup maka dirujuk ke rumah sakit," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan sebanyak 523 mobil ambulance juga disiagakan oleh Dinas Kesehatan Jawa Barat terkait pelayanan kesehatan Lebaran tahun ini.

Sementara itu, salah satu rumah sakit rujukan utama di Jawa Barat yakni Rumah Sakit Umum Pemerintah Dr Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat, menyiagakan 352 dokter spesialis untuk pelayanan selama arus mudik dan milir Idul Fitri 1437 Hijriah atau Lebaran 2016 yakni dari tanggal 29 Juni hingga 14 Juli.

"Pada dasarnya seluruh tenaga medis dan paramedis kami siaga selama Lebaran. Jadi 352 dokter spesialis harus siaga kemudian 1.800 perawan siap. Lalu kita melibat 1.200 peserta didik yang siap siaga," kata Dirut RS Umum Pemerintah Hasan Sadikin Bandung dr Ayi Djembarsari MARS.

Menurut dia, walaupun memasuki libur Lebaran 2016 empat layanan poliklinik tetap yakni poliklinik anak, penyakit dalam, bedah, obgyn (kandungan) tetap beroperasi memberikan pelican medis untuk masyarakat yakni pada tanggal 4,5 dan 8 Juli 2016.

"Keempat poliklinik tersebut beroperasi dari jam 07.30 hingga pukul 14.00 WIB. Jadi warga tidak perlu khawatir, selama cuti Lebaran ini kami tetap siaga dan beroperasi," kata dia.



Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016