Antarajabar.com - Di manapun manusia berada, sampah merupakan tanggung jawab bersama yang harus ditangani secara komprehensif. 

Banyaknya jumlah penduduk, tingginya kegiatan sosial ekonomi, ditambah dengan kurangnya kepedulian terhadap masalah lingkungan berkontribusi besar pada penumpukan sampah yang tidak terkendali.

Di Kota Bandung, sampah telah menjadi masalah klasik yang tak kunjung teratasi. 

Melihat kondisi ini, sejak tahun 2013 PLN Distribusi Jawa Barat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) aktif mendukung pengembangan Bank Sampah yang diinisiasi oleh Yayasan Hijau Lestari.

Survei awal dan focus group discussion dilakukan PLN bekerja sama dengan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah dan Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung untuk melihat peta permasalahan sampah di Kota Bandung.


Selanjutnya program CSR PLN ini memfasilitasi edukasi masyarakat untuk proses pemilahan sampah organik dan anorganik. 

PLN juga memfasilitasi pelatihan mengolah sampah yang dapat dimanfaatkan menjadi hasil kerajinan yang bernilai ekonomis untuk para nasabah Bank Sampah.

Sedangkan untuk membantu proses distribusinya, PLN menghibahkan motor triseda sebagai alat transportasi sampah.



Setelah dua tahun berjalan, Bank Sampah yang bernama Bank Sampah Hijau Lestari Bersinar itu kini telah memiliki 130 Bank Sampah Unit, dengan total nasabah sebanyak 2.925 orang, dan menjadi Bank Sampah pertama yang menggunakan aplikasi online untuk pembayaran rekening listrik.

Bank Sampah ini pun turut menciptakan tumbuhnya kawasan-kawasan bebas sampah serta memberdayakan masyarakat dengan meningkatkan penghasilan tambahan bagi nasabah Bank Sampah di Kota Bandung.



Atas pencapaian tersebut, program CSR PLN Distribusi Jawa Barat dalam pengembangan Bank Sampah Kota Bandung ini berhasil meraih penghargaan Indonesia Green Awards 2016 (IGA Awards) untuk kategori ”Mengembangkan Pengelolaan Sampah Terpadu” dengan total nilai 8. 

IGA Awards adalah penghargaan yang diberikan oleh The La Tofi School of CSR kepada inspirator, dan penggiat pelestarian alam yang berasal dari kalangan pemerintah daerah, perusahaan, BUMN dan sekolah.

Penghargaan tersebut diserahkan kepada PLN pada hari Sabtu 21 Mei 2016 di Jakarta. Sebuah kebanggan tersendiri bagi PLN karena selain mendapat penghargaan IGA Awards, program CSR PLN melalui Bank Sampah Hijau Lestari Bersinar juga ikut mendukung Kota Bandung dalam meraih Piala Adipura tahun 2015. (ADV)

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016