Antarajabar.com - Koperasi PNS Provinsi Jawa Barat yakni Koperasi Konsumen Praja Sejahtera (KKPS) akan mengembangkan unit bisnisnya di sektor properti yakni membangun perumahan yang diperuntukan khusus bagi para pegawai negeri sipil di kawasan Jatinangor dan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.

"Nanti kita juga kita rencana akan membuka perumahan untuk anggota koperasi, sementara khusus anggota kecuali nanti ada anggota istimewa ikut daftar," kata Ketua Koperasi Konsumen Praja Sejahtera Jawa Barat Iwa Karniwa, di Bandung, Rabu.

Ia mengatakan untuk tahap awal pada tahun 2016 ini KKPS Jawa Barat rencananya akan membangun sekitar 3.000 unit perumahan yang lokasinya berada di kawasan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

"Apalagi 3.000 belum cukup. Kita akan kembangkan lagi ada empat ribu unit di kawasan Tanjungsari," ujar Iwa.

Dibidiknya sektor properti oleh KKPS Jawa Barat, menurut dia, merupakan sebuah bentuk dukungan pihaknya terhadap program pemerintah terkait penyediaan hunian bagi masyarakat.

"Jadi nanti itu, perumahan ini diutarakan bagi anggota koperasi yang belum punya rumah dulu. Namun apalagi yang punya rumah selesai maka dimungkingkan dia untuk yang lain. Seperti daripada kos atau sewa, punya anak di sana lebih baik dia ngambil di situ karena lokasinya dekat ke ITB atau Unpad," katanya.

Dia mengatakan, perumahan yang akan dibangun oleh KKPS di kawasan tersebut ialah tipe 40 dengan luas tanah sekitar 84 meter persegi kemudian tipe 55 dengan luas tanah sekitar 120 meter persegi dan siap huni.

"Bangunnya itu real estate tapi harganya semi real estate karena kita sifatnya membantu dan ini tidak bisa perorangan tapi masuk ke corporate dalam hal ini pengelola koperasi," kata dia.

Harga satu unit perumahan yang ditawarkan oleh KKPS Jawa Barat, lanjut Iwa, adalah Rp415 juta untuk tipe 40 dan Rp585 untuk tipe 55.


Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016