Antarajabar.com - Sebanyak 55 perusahaan di Provinsi Jawa Barat telah menyumbang Rp100,5 miliar dana Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial untuk membangun pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, air bersih, ekonomi dan lain-lain.
         
"Yang melaksanakan CSR tahun 2015 ada 77 perusahaan. Tapi terlaporkan baru 55 perusahaan dan nilainya cukup besar termasuk kawasan industri, itu sekitar Rp100,5 miliar," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, usai Peresmian Bersama Proyek CSR Jabar 2016, di Gedung Sate Bandung, Rabu.
         
Pihaknya menargetkan bisa meraih dana CSR sebesar-besarnya dari perusahaan yang di Provinsi Jawa Barat pada tahun ini mengingatkan besarnya potensi dana tersebut.
        
"Tentu targetnya sebanyak-banyak, kita mengkoordinator kegiatan mereka menunjukkan kegiatannya di mana saja, ada yang bertanya kepada kita, yang mana yang lebih tepat, apakah ekonomi, air bersih, pendidikan, kampung bersih," kata dia.
        
Ia mengatakan Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan Pemprov Jabar, kepada perusahaan yang telah berkontribusi dan berhasil  menjalankan program kegiatan CSR/Program Kemitraan dan Bina Lingkungannya, serta telah bersinergi dengan program-program pemerintah  daerah, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Barat menggelar acara ini.
         
Sementara itu, Kepala Bappeda Prov Jawa Barat Yerry Yanuar menjelaskan, acara Peresmian Bersama Proyek-Proyek CSR-PKBL Jabar kali ini, adalah acara yang kelimakalinya diselenggarakan secara rutin di awal tahun, sejak pertama kali diselenggarakan pada 14 Januari 2011, melalui pencanangan Deklarasi Bandung dengan tema utama  CSR Jabar  untuk misi kemanusiaan dan lingkungan (CSR Jabar for humanity and environment). Dengan moto Jabar maju bersama ¿mitra¿.
        
"Dasar hukum yang menaungi acara ini, adalah Perda Provinsi Jawa Barat  No 2 tahun 2013, tentang pedoman tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan (TJSLP) dan program kemitraan bina lingkungan ( PKBL) di Jawa Barat," jelas Yerry.
        
Dikatakan dia, realisasi pendanaan pelaksanaan program dan kegiatan  CSR dan PKBL Pemprov Jabar, menurut Yerry,  selama 5 tahun dalam kurun waktu dari 2011 - 2015 dengan pola pendanaan sesuai perda rupiah = 0 (nol), serta pola kerja bersinergi derajat tinggi dan koordinasi derajat rendah, adalah sebesar Rp893,52 miliar.
         
Dana tersebut dikelola langsung oleh perusahaan yang telah bermitra dengan tim CSR Jabar.
         
"Jumlah perusahaan yang telah bermitra dengan tim fasilitasi CSR Jabar sampai dengan saat ini adalah sebanyak 103 perusahaan, terdiri dari 3 perusahaan bumd, 30 perusahaan BUMN dan  70 perusahaan swasta," kata Yerry.
        
Lebih lanjut ia mengatakan jumlah perusahaan yang ikut berpartisipasi pada acara di tahun ini adalah sebanyak 85 perusahaan, dengan jumlah prasasti yang akan diresmikan sebanyak 76 prasasti.  Selain itu ada 47 perusahaan yang memamerkan produk hasil karya pembangunannya.
    

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016