Antarajabar.com - Ribuan warga Kota Bandung mengikuti kegiatan jalan santai dengan tema "Teu Sieun" MEA (tak takut MEA) yang digelar Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) dan Bank BJB di kawasan Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Sabtu.

"ISEI dan Bank BJB melakukan gerapan moral, menumbuhkan semangat dan memotivasi bahwa sekarang sudah masuk era MEA. Sebenarnya orang Indonesia siap bersaing apalagi bila sudah 'last minute'," kata Ketua ISEI Jawa Barat Dr Aldryn Herwani di sela-sela kegiatan jalan santai itu.
 
Jalan santai yang menyusuri sepuluh kilometer jalanan di Kota Bandung itu juga diikuti oleh Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan dan Ny Netty Heryawan, Ketua ISEI Pusat Muliawan Hadad, Direktur Bank BJB Ahmad Irfan, Pimpinan OJK Jabar Sarwono serta sejumlah pejabat perbankan di Jabar lainnya.

Menurut Aldryn, penekanan kegiatan itu untuk memberikan penyadaran bahwa saat ini Indonesia sudah memasuki pasar bebas ASEAN yang memungkinkan aliran barang, jasa dan investasi secara terbuka di antara negara-negara ASEAN.

"Masyarakat haus terus diingatkan kembali pemberlakuan MEA ini. Kunci dari MEA adalah barang, jasa dan investasi, bagaimana kita bisa unggul dalam hal itu," katanya.

Kendari sempat diguyur hujan pada Sabtu pagi, namun para peserta tetap antusias mengikuti kegiatan jalan santai termasuk Gubernur Jawa Barat yang juga mengingatkan kembali masyarakat tentang MEA serta memberikan sejumlah penyadaran kepada masyarakat untuk siap bersaing dan mencintai serta menggunakan produk dalam negeri.

"Silakan MEA berlaku di Indonesia, yang panting semua harus sadar MEA. Salah satunya cintai dan gunakan produk dalam negeri, sehingga dan berani bersaing dan berdaya saing di semua sektor," kata Heryawan.

Pada kesempatan itu, Heryawan juga mengingatkan masyarakat Jabar untuk bisa mendorong prilaku positif untuk kekuatan daya saing Indonesia di ajang MEA, salah satunya mengkonsumsi produk dalam negeri sehingga nilai tambah dan jam kerjanya bisa diserap oleh produsen dalam negeri.

"Minumlah kopi, kopi dalam negeri, nongkrong di kedai kedai kopi, kedai kopi Indonesia. Mulailah dari hal sederhana karena itu sangat berarti bagi sebuah gerakan besar," kata Heryawan.

Pada kesempatan itu, panitia Fan Walk ISEI-Bank BJB memberikan dua hadiah umroh yang diraih oleh Hadi Tauhid peserta dari Jakarta Selatan serta Ny Yani asal Cihampelas Kota Bandung.

Penyerahan hadiah diwarnai dengan keharuan dari Ny Yani yang tidak kuasa menahan tangis saat menerima paket umroh yang diserahkan langsung oleh Gubernur Ahmad Heryawan di panggung. 

Selain kegiatan gerak jalan, juga diwarnai dengan aksi pungut sampah di sepanjang jalur yang dilintasi jalan santai. Peserta yang berhasil mengumpulkan sampah paling banyak mendapat apresiasi sebuah sepeda gunung dari panitia.
     
     

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016