Antarajabar.com - Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan bersama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meresmikan pengoperasian Kereta Api Perintis Siliwangi lintas pelayanan Cianjur-Sukabumi, di Stasiun KA Cianjur, Jumat.

Menhub Jonan mengatakan, KA Siliwangi itu nantinya tidak hanya melayani Cianjur-Sukabumi, tapi juga diharapan dapat sampai ke Padalarang dan Bandung.

Saat ini, pihaknya tengah giat melakukan reaktivasi sejumlah jalur perlintasan KA di berbagai wilayah di Indonesia.

"Jawa Barat menjadi wilayah yang akan dilakukan reaktivasi secara menyeluruh, khususnya di Pulau Jawa reaktivasi merupakan bagian dari upaya pengembangan aktivitas untuk mengurangi beban kemacetan dan beban biaya transportasi lainnya, termasuk Jawa Timur dan Jawa Tengah," katanya lagi.

Pihaknya saat ini tengah membangun jalur KA Trans Sumatera untuk menggabungkan wilayah Sumatera Barat ke Aceh dan ke wilayah selatan, dan Trans Sulawesi dan Kalimantan serta Papua yang juga akan coba dirintis.

"Kami berharap perkeretaapian lebih siap sekarang," kata Jonan lagi.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan, pihaknya akan mengalokasikan anggaran dari kas daerah untuk mendukung program pemerintah pusat tersebut.

Pihaknya berharap reaktivasi kereta api di seluruh Jabar, sehingga dapat beroperasi kembali sebagai jawaban atas kemacetan yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk di Jabar.

Salah satu bentuk dukungan yang diberikan Pemprov Jabar, ungkap dia, menghibahkan lahan untuk perlintasan KA cepat Bandung-Jakarta, di wilayah Cikalongwetan-Purwakarta.

"Lahan tersebut akan dijadikan shortcut perlintasan kereta api cepat. Harapan kami seluruh rel kereta yang ada di Jabar ini, segera diaktifkan kembali karena kereta api sangat bermanfaat bagi masyarakat pada saat kondisi lalu-lintas di jalan sudah semakin macet," katanya. 


Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016