Antarajabar.com - Wakil Gubernur  Jabar Deddy Mizwar menuturkan Kota Cimahi telah menjadi salah satu daya tarik untuk industri kreatif seperti animasi  dan  bisa menjadi barometer dan pusat pengembangan industri animasi di Indonesia.
        
"Saya kira komunitas yang ada sudah sangat mendukung, kemudian festival yang sudah secara kontinyu diselenggarakan juga sudah hadir. Ini tidak mustahil menjadi pusat pengembangan animasi," kata Deddy Mizwar usai melakukan pertemuan dengan Wali Kota Cimahi Atty Suharti, di Gedung Sate Bandung, Kamis.
        
Pihaknya mengungkapkan harapannya Cimahi bisa jadi pusat industri animasi tanah air, terlebih saat ini menurut Deddy di Cimahi telah ada berbagai kegiatan seperti festival animasi tingkat internasional yaitu Baros International Animation Festival (BIAF), serta sarana pendukungnya.
        
Ia mengatakan pengembangan industri kreatif ini harus bisa melibatkan dunia pendidikan dengan menggaet beberapa perguruan tinggi di Bandung seperti ITB dan Politeknik Negeri Bandung.
        
"Saya juga mengusulkan barangkali kalau ITB bisa mengembangkan Fakultas Digital Art ini akan jauh lebih baik, seperti yang dilakukan oleh negara Thailand. Saya kira ini tidak mustahil, ada komitmen dari komunitas, Bu Wali Kota Cimahi), dan kita akan support dari provinsi," kata Deddy.
        
"Karena memang dari fakta yang ada, komunitas di Bandung Raya khususnya - sangat memadai untuk lahirnya sebuah Fakultas Digital kemudian festival animasi yang berkesinambungan dan juga adanya asosiasi animasi yang kuat dan bisa melahirkan entrepreneur animasi,¿ lanjut dia.
        
Untuk mendukung pengembangan industri animasi ini, disamping telah memiliki BITC (Baros Information Technology Creative), saat ini Pemkot Cimahi pun tengah membangun Technopark di daerah Baros.
        
Technopark yang dibangun dilahan seluas 1 hektar dengan luas bangunan 1.500 meter dan terdiri dari 3 lantai ini ditargetkan akan selesai pada tahun ini.
        
Technopark ini akan memiliki berbagai fasilitas seperti studio dan rumah produksi, sehingga diharapkan technopark ini pun bisa menjadi sarana untuk pengembangan teknologi animasi - tidak hanya dari sisi kreatifitasnya saja namun juga untuk pengembangan wisata dan bisnis animasi di Kota Cimahi.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016