Antarajabar.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menuturkan rotasi sejumlah pejabat eselon II yang dilantik oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, di Aula Gedung Sate Bandung, Senin, dilakukan untuk penyegaran di dalam tubuh Pemprov Jabar.
        
"Keputusan ini yang menempatkan 12 eselon II di posisi saat ini merupakan hasil pertimbangan dan kajian yang sangat objektif. Pak Gubernur memilih yang terbaik dari 3 kandidat yang disodorkan," kata Iwa Karniwa.
       
Posisi Kepala Biro Organisasi dan Biro Administrasi Pembangunan Pemprov Jabar dipilih dari hasil open rekruitmen yang diikuti oleh banyak peminat dan sebelum dijabat Nanin Hayani Adam, posisi ini diperebutkan 24 pelamar dari eselon III, sementara untuk Biro Adbang diikuti oleh 14 pelamar
   
Sedangkan untuk 10 eselon II yang bertukar posisi, Iwa mengaku hal ini sebagai bentuk dorongan agar kinerja setiap organisasi perangkat daerah (OPD) makin meningkat.
        
Menurutnya para pejabat yang dirotasi mayoritas sudah menduduki jabatan lama lebih dari tiga tahun dan bahkan ada yang lebih dari tiga tahun
   
"Jadi proses ini semata-mata agar kinerja organisasi lebih baik lagi,¿ ujarnya.
        
Lebih lanjut ia mengatakan masih akan ada rotasi jilid II yang dilakukan terutama mengisi posisi Asisten Daerah II Setda Jabar yang kosong ditinggal Jerry Yanuar yang menjadi Kepala Bappeda Jabar menggantikan Denny Juanda dan untuk posisi Kepala Dinas ESDM Jabar yang ditinggal Sumarwan yang kini menjabat Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar.
        
"Jadi akan ada lagi juga rekruitmen terbuka untuk posis Kabiro Hukum. Untuk Asda II nanti ada rotasi yang akan diisi oleh eselon II A, ESDM juga," ujar dia.
        
Ia menegaskan rotasi dan mutasi pejabat di lingkungan Pemprov Jabar masih akan terus berjalan disesuaikan dengan kebutuhan organisasi.
        
Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) melantik 12 Pejabat Tingkat Eselon II Lingkungan Provinsi Jawa Barat, di Gedung Sate, kota Bandung, Senin.
        
Pelantikan ini didasari oleh surat keputusan Badan Kepegawaian Daerah tertanggal 8 Januari 2016, tentang Pengangkatan dan Pemindahan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Struktural Eselon II di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016