Antarajabar.com - Gubernur Jawa Barat  Aher menyatakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1427 Hijriah dan perayaan Malam Misa Natal 2015 di Provinsi Jawa Barat berlangsung aman dan lancar tanpa hambatan yang berarti.

"Tak hanya malam Natal, Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di sejumlah daerah di Jawa Barat pun terpantau aman," kata Ahmad Heryawan di Kota Bandung, Jumat.

Aher mengatakan, Kamis (24/12) malam dirinya, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol M Taufik, Panglima Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI Hadi Prasodjo, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol AR Yoyol Dan unsur muspida lainnya di Pemerintahan Provinsi Jabar meninjau langsung perayaan Misa Malam Natal di Kota Bandung.

Sejumlah gereja yang dipantau oleh rombongan Gubernur Jabar diantaranya, Gereja Katolik Katedral Santo Petrus Kota Bandung dan Gereja Katolik St Laurentius Kota Bandung.

"Ini kita sudah mantau satu (di Gereja Katedral Bandung), nanti satu lagi tentu saja ini sebagai pemantauan formal kami selaku pimpinan muspida. Tapi tentunya aparat TNI dan Polri sudah ada di seluruh tempat-tempat untuk mengamankan terkait natal malam ini," kata Ahmad Heryawan, usai peninjauan.

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini optimistis pelaksanaan Misa Natal 2015 di wilayahnya akan berlangsung aman dan lancar karena seluruh aparat penegak keamanan sudah menyerahkan kekuatan maksimal untuk mengamankan Hari Raya Umat Kristiani tersebut.

"Jadi Insya Allah seluruh rekayasa pengamanan dan tata cara pengaman sudah kita lakukan dan dalam posisi aman dan nyaman, Dan tidak ada apapun sebagaimana Jawa Barat paling aman," kata dia.

Menurut dia, sampai saat ini berdasarkan laporan aparat penegak hukum pelaksanaan Malam Misa Natal di Provinsi Jabar berjalan dengan baik.

"Tidak ada laporan apa-apa semua berjalan dengan baik. Jawa Barat baik-baik, seperti pilkada aman dan sekarang Insya Allah natal juga aman yang berdekatan dengan Maulid Nabi, jadi tentu kita sangat yakin seluruh masyarakat telah dewasa, kita melihat toleransi agama yang baik di Indonesia," kata dia

Pihaknya berharap seluruh umat beragama di Jawa Barat bisa menjunjung tinggi toleransi dan kita terus jaga keamanan dan ketertiban sehingga umat Islam dengan Maulid Nabinya berjalan baik dan Umat Kristiani dengan Misa Natalnya juga berjalan baik," kata dia.

Dalam peninjauannya ke Gereja Katedral Bandung, rombongan Gubernur Jabar disambut oleh Pastor Paroki Katedral Bandung, Romo Leo Van Beurden. 


Pewarta: ajats

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015