Antarajabar.com - Tim Taekwondo Jawa Barat tidak akan mengganggu kontingen dan para atlet yang tengah berburu tiket ke PON XIX/2016 pada kualifikasi yang akan digelar di GOR Popki Cibubut Jakarta, 17-19 November 2015.
       
"Atlet Jabar akan turun pada babak kualifikasi, namun tidak akan mengganggu tim yang sedang mencari tiket untuk lolos ke PON. Atlet akan turun setelah memasuki babak delapan besar," kata Sekretaris Umum Pengda Taekwondo Indonesia (TI) Jabar Divi di Bandung, Senin.
       
Menurut dia, para atlet Jabar sudah otomatis lolos ke PON XIX/2016 karena bertindak sebagai tuan rumah. Sehingga pada babak kualifikasi mendatang, Jabar tidak akan turun pada babak kualifikasi.
       
Sedangkan para atlet yang lolos ke PON XIX/2016 adalah atlet yang berhasil menembus babak delapan besar atau perempatfinal.
       
"Setelah ada hasil delapan besar yang lolos ke PON, di babak itu tim Jabar menunggu untuk bertanding. Kita tetap bertanding maksimal untuk bisa meraih medali tanpa mempengaruhi atau mengganggu kuota delapan besar," kata Divi.
       
Pada babak kualifikasi itu, Jabar akan menurunkan 16 kelas di kyorugi dan sembilan kelas poomsae atau gerak.
       
"Prioritas atlet yang turun nanti adalah atlet muda, sedangkan yang senior atau dalam penyembuhan cedera tetap hadir untuk memantau kekuatan bakal lawan mereka," katanya.
       
Ajang itu untuk proses pematangan atlet muda, test trail pribadi atlet Jabar yang ditempa dalam beberapa tahun terakhir di Pelatda maupun di Korea.
       
Cabang taekwondo merupakan salah satu cabang olahraga andalan Jabar untuk mendulang medali emas baik pada nomor kyorugi maupun poomsae. Jabar merupakan pemegang juara umum pada PON XVIII/2012 di Riau dengan lima medali emas.
       
Bahkan atlet taekwondo Jabar beberapa waktu lalu berlatih di Gyoengsangbukdo, Korea di bawah arahan pelatih Wooli Nara. Cabang olahraga itu termasuk satu dari 11 cabang olahraga yang pembinaannya bekerja sama dengan KONI Gyongsangbukdo.

Pewarta: Syarif

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015