Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Cianjur, Jawa Barat, memberikan pelayanan paspor simpatik pada calon jamaah haji Kabupaten Cianjur tahun 2025 di luar jam kerja guna memudahkan calon haji dalam membuat paspor jauh hari sebelum berangkat.

Kepala Kantor Imigrasi Cianjur, Riky Afrimon di Cianjur Minggu, mengatakan pihaknya menggelar paspor simpatik bagi calon haji Cianjur dengan kuota seribu orang lebih dengan pembagian waktu di setiap akhir pekan.

Baca juga: Kantor Imigrasi Cianjur luncurkan program "Eazy Passport"

"Kegiatan paspor simpatik jamaah haji ini di luar kuota aplikasi M-Paspor, karena ini layanan simpatik dan boleh datang saat hari kerja atau di luar hari kerja dimana mobil unit berada," katanya.

Dia menjelaskan pelayanan hari pertama dari kuota 178 orang namun yang hadir hanya 100 orang hal tersebut diduga karena kurangnya informasi dan jadwal karena pengaturan kehadiran diserahkan ke Kemenag Cianjur.

Untuk kegiatan paspor simpatik yang pertama kali digelar di Cianjur itu, ungkap dia, terbantu dengan pengadaan mobil unit dari Direktorat Jendral Imigrasi, sehingga proses pembuatan paspor lebih cepat selesai untuk seratus orang hanya dibutuhkan waktu dua jam.

"Untuk memberikan pelayanan prima dan proses cepat membuat paspor khusus haji, kami akan menggelar di luar jam kerja, sehingga calon haji sudah mendapat paspor jauh hari sebelum berangkat," katanya.

Kasi Haji Kemenag Cianjur, Rian Fauzi, mengatakan sangat terbantu dengan pelayanan paspor simpatik di luar jam kerja yang diberikan Kantor Imigrasi Cianjur, dimana kegiatan tersebut merupakan pertama kali dilakukan di Cianjur.
"Biasanya pelayanan paspor calon haji dilakukan pada jam kerja, namun terobosan perdana dilakukan Kantor Imigrasi Cianjur dengan menggelar pelayanan di luar jam kerja," katanya.

Namun pihaknya mengajukan pelayanan khusus bagi calon haji lanjut usia diberikan waktu terpisah karena jika disatukan dengan pelayanan umum mungkin waktunya terbatas.

"Sebagian besar calon haji asal Cianjur sudah lanjut usia, sehingga membutuhkan waktu khusus dan tidak disatukan dengan calon haji umum, harapan kami ini dapat dikabulkan pihak Imigrasi," katanya.

Baca juga: Imigrasi Cianjur berikan layanan paspor simpatik untuk 30 pemohon

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024