Provinsi Jawa Barat mengamankan gelar juara umum Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Angkat Besi Junior 2024 yang berlangsung sejak 22 hingga 24 Oktober di Hotel Santika Premiere Gubeng, Surabaya.

PB PABSI menyatakan pada Jumat bahwa Kontingen Jabar meraih gelar juara umum dengan mengemas total 17 medali yakni 12 emas, tiga perak dan dua perunggu.

Jabar berhasil mengungguli kontingen tuan rumah Jawa Timur yang berada di posisi runner-up dengan total medali 18 yaitu enam emas, empat perak dan delapan perunggu. Sementara di peringkat ketiga disegel oleh Jambi yang mendapatkan total sembilan medali yakni enam emas dan tiga perunggu.
Pelatih angkat besi Jabar Sodikin mengatakan jika capaian 12 emas itu sudah sesuai dengan target yang telah ditetapkan dan kalkulasi jelang kejuaraan.

“Memang sudah kami perhitungkan, sudah kami seleksi dari data atlet yang kira-kira meraih prestasi nasional, kalau juara umum kami cukup yakin. Dan jumlah emas itu juga sangat tepat sesuai perkiraan kami,” tutur Sodikin.


12 emas Jabar tersebut disumbangkan oleh empat atlet yakni Tita Nurcahya di kelas 45 kg putri, lalu Davin Athallah di kelas 73 kg putra, kemudian Raihan Adestya di kelas 81 kg putra dan terakhir Joko Suprianto yang tampil di kelas +81 kg putra.

Masing-masing atlet tersebut meraih tiga emas setelah unggul di catatan snatch, clean and jerk serta total angkatan.
Sementara itu enam medali emas Jatim disumbang oleh dua atlet yakni Luluk Diana Tri Wijayana di kelas 49 kg putri dan Lavena Putri Angelita kelas 59 kg putri. Lalu, enam emas Jambi juga diperoleh dari dua orang atlet yaith Muhammad Ibnul Rizqi mendapat tiga emas di kelas 61 kg putra sedangkan Yolanda Dwi Ambarwati juga meraih hasil yang sama di kelas +64 kg putri.
Adapun dua lifter berhasil mendapatkan penghargaan individu Kejurnas Angkat Besi Junior 2024. Luluk Diana terpilih sebagai lifter terbaik putri sedangkan atlet Lampung Muhammad Husni memperoleh penghargaan lifter terbaik putra.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jabar amankan gelar juara umum Kejurnas Angkat Besi Junior 2024

Pewarta: Fajar Satriyo

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024