Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyebut penyaluran bantuan beras tahap ketiga di bulan Oktober 2024 sudah selesai 100 persen, sehingga dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan.

“Untuk bantuan pangan tahap ketiga sudah selesai 100 persen untuk alokasi bulan Oktober. Nanti ada satu kali lagi di bulan Desember,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar, di Bandung, Selasa.

Baca juga: Pemkot Bandung mendukung kesejahteraan perempuan lewat Forum Puspa

Gin Gin menjelaskan pihaknya menyalurkan bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) tahap tiga bagi 109.333 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Bandung.

Dia mengungkapkan bantuan pangan ini merupakan program pemerintah pusat, berupa penyaluran beras melalui Badan Pangan Nasional bekerja sama dengan Bulog sebagai penyedia beras dan PT Pos Indonesia sebagai penyalur.

“Jadi pemberian namanya CBP karena pemerintah mengeluarkan cadangan beras untuk dibagikan kepada masyarakat miskin. Sekarang kategorinya miskin ekstrem. Dan Kota Bandung mendapatkan 109.333 penerima manfaat,” kata dia.

Dari data sebanyak 109.333 KPM tersebut, kata dia, tidak mengalami perubahan jumlah dari bantuan tahap pertama hingga ketiga ini.

“Jadi kalau untuk jumlah tetap, tapi ada pergantian misalnya karena ada beberapa yang sudah tidak miskin lagi. Nah tentu itu akan diganti penerima manfaatnya dengan persetujuan dari pemerintah pusat dan kewilayahan,” kata dia.


Dia menjelaskan, penyaluran bantuan pangan beras tersebut berdasarkan surat Kepala Badan Pangan Nasional Nomor 165/TS.03.03/K/06/2024 tanggal 07 Juni 2024 tentang Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) tahap III Tahun 2024.

Lebih lanjut, Gin Gin memastikan bantuan beras yang dibagikan kepada masyarakat telah melewati proses pemeriksaan ketat oleh pihaknya. Sehingga beras disalurkan tersebut telah terjamin baik untuk dikonsumsi.

“Teknisnya kita melakukan pemeriksaan beras dimulai dari saat penyimpanan di gudang Bulog, kemudian pada saat pengemasan hingga proses distribusi kita lakukan pemeriksaan dari mulai kadar air, kandungan timbal dan sebagainya,” kata dia.
 

Baca juga: Pemkot minta pasar tradisional di Bandung kelola sampah secara mandiri

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkot Bandung sebut bantuan beras tahap ketiga tersalurkan 100 persen

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024