Pelatih Manchester United (MU) Erik Ten Hag meminta skuadnya untuk lebih tajam di depan gawang lawan demi meraih kemenangan.

"Kami harus mencetak gol. Kalau ingin memenangkan pertandingan, anda harus membuat skor," ujar Ten Hag dikutip dari laman MU di Jakarta, Jumat.

Juru taktik asal Belanda itu menyebut, anak-anak asuhnya harus mampu memanfaatkan peluang sekecil apapun di pertahanan lawan.

Pemain MU, Ten Hag menegaskan, harus berpikir untuk melesakkan gol setiap kali menguasai bola.

"Ketika berada di kotak penalti atau sepertiga zona pertahanan lawan, pemain harus dalam posisi membuat gol. Tentu saja dalam prosesnya perlu langkah demi langkah tetapi yang paling penting di antaranya adalah gawang," tutur dia.

Ten Hag memiliki keinginan untuk memperbaiki performa negatif MU yang terjadi di setidak-tidaknya lima pertandingan terakhir.

Pada lima laga terkini di semua kompetisi, MU tidak dapat meraih kemenangan karena empat laga di antaranya berakhir imbang sementara satu lagi selesai dengan hasil seri.

MU pun kini berada di peringkat ke-14 klasemen sementara Liga Inggris 2024-2025 dengan mengantongi delapan poin dari tujuh pertandingan.


Ten Hag menyebut, di kompetisi sepak bola teratas, klub-klub termasuk MU memang kerap menghadapi tantangan.

"Kadang berada di atas, sesekali di bawah. Namun, kami mau mencetak sukses seperti dua musim terakhir," kata dia, menunjuk pada prestasi MU yang mendapatkan gelar juara Piala FA pada musim 2023-2024 dan Piala Liga 2022-2023.

Menurut Ten Hag, MU kini berada di jalur yang tepat untuk berprestasi tinggi lantaran skuadnya dapat mengikuti strategi dengan baik di lapangan.

"Namun memang peringkat di klasemen tidak bisa bohong. Kami berada di posisi sekarang dan itu tidak bagus," ujar Ten Hag.

Terdekat, MU akan menghadapi tim tamu Brentford pada laga pekan kedelapan Liga Inggris 2024-2025 di Stadion Old Trafford, Sabtu (19/10).


Mainoo dan Maguire absen

Pelatih Manchester United (MU) Erik Ten Hag memastikan gelandang Kobbie Mainoo dan Harry Maguire absen kontra Brentford di Liga Inggris, Sabtu (19/10), tetapi Noussair Mazraoui dalam kondisi oke untuk berlaga.

"Kobbie dan Harry tidak bisa bermain dalam beberapa minggu ke depan. Namun, berita bagus datang dari Mazraoui. Dia sempat sakit tetapi sudah kembali berlatih di lapangan dan dapat menjadi pilihan untuk laga besok," ujar Ten Hag, dikutip dari laman web MU di Jakarta, Jumat.


Selain Mazraoui, Amad Diallo dan Alejandro Garnacho juga siap tampil menghadapi Brentford meski tidak bermain untuk tim nasional masing-masing karena tidak bugar.

Kapten MU Bruno Fernandes pun fit untuk pertandingan versus Brentford meski harus absen di Liga Eropa kontra Fenerbahce, Jumat (25/10) dini hari WIB, karena mesti menjalani sanksi kartu merah.

Gelandang bertahan anyar MU Manuel Ugarte belum dapat dipastikan bisa turun atau tidak versus Brentford karena masih memerlukan pemantauan lebih lanjut selepas kiprahnya bersama timnas Uruguay di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Juru taktik asal Belanda itu juga mengabarkan kondisi terakhir dua bek kiri MU Luke Shaw dan Tyrell Malacia yang masih dalam pemulihan cedera.

Meski demikian, Shaw dan Malacia sudah berlatih meski terpisah dari tim. Ten Hag menegaskan, MU tidak ingin terburu-buru menurunkan mereka berdua meski sangat butuh seorang bek kiri.

"Kami tidak mau memaksa mereka untuk kembali. Kami mau melakukannya dengan hati2 karena tidak ingin mereka kembali tetapi kondisinya langsung drop saat itu juga. Akan tetapi, tentu saja kami berharap mereka dapat pulih sesegera mungkin karena tim membutuhkan bek kiri," tutur Ten Hag.

Cederanya Shaw dan Malacia membuat MU terpaksa menempatkan bek kanan Diogo Dalot di sisi kiri pertahanan mereka, berseberangan dengan Noussair Mazraoui di kanan.

Sementara Brentford dipastikan akan berlaga dengan para pemain andalannya termasuk penyerang Yoane Wissa. Namun, Mathias Jensen, Igor Thiago dan Rico Henry belum dapat merumput.

"Mathi berlatih dengan baik tetapi masih terlalu berisiko menurunkannya. Mungkin dia akan bugar saat kami menghadapi Ipswich Town, Sabtu (26/10). Untuk Igor, masih terlalu dini memberikannya kesempatan tampil, begitu pula Rico yang mungkin baru bisa terlibat di pertandingan dalam dua minggu ke depan," ujar pelatih Brenford Thomas Frank.

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ten Hag minta MU tampil lebih tajam

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024