Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung berhasil memadamkan api yang menghanguskan rumah kontrakan 13 pintu di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung.

“Kejadian pukul jam 11.40 WIB. Jadi kita langsung meluncur sembilan menit sampai lokasi kebakaran. Api diduga berawal dari kontrakan dan merembet ke sejumlah bangunan lainnya,” kata Kepala UPT Diskar PB wilayah Selatan, Asep Mulyono di Bandung, Selasa.

Baca juga: 16 unit damkar dikerahkan padamkan kebakaran gudang sepatu Cibaduyut Bandung

Asep menduga peristiwa kebakaran dipicu dari korsleting dari salah satu kamar tidur dan pihaknya mendapat laporan dari warga yang datang pada pukul 11.40 WIB.

Dia mengatakan, petugas yang menerima laporan warga pun langsung menuju lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman dengan mengerahkan kekuatan penuh karena api sangat cepat menjalar khususnya di pemukiman padat penduduk.

“Jadi dugaan dari pemilik kontrakan dugaan dari korsleting listrik karena tidak ada yang memasak dan tiba-tiba jadi api sudah menjadi besar,” kata dia.

Asep mengungkapkan bangunan kontrakan yang didominasi kayu menyebabkan api semakin membesar. Namun, api berhasil dipadamkan dan saat ini tengah dilakukan pendinginan.

Ia menyebut, total mobil pemadam kebakaran yang diterjunkan mencapai 13 unit dari berbagai UPT dan mako Diskar PB Kota Bandung.


“Kondisi saat ini sudah hampir padam dan tinggal pendinginan,” katanya.

Lebih lanjut, Asep memastikan, tidak ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut dan sudah berhasil mengevakuasi beberapa orang yang mengalami sesak nafas atas kejadian ini.

“Ada beberapa yang sesak nafas udah ditangani," kata Asep.

Baca juga: 14 unit damkar dikerahkan padamkan kebakaran di Pasar Simpang Dago Bandung

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024