Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mendapat penghargaan penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) terprogresif Ke-1 Bulan Agustus 2024 dari DPMPTSP Provinsi Jawa Barat.

Kepala DPMPTSP Cianjur, Dadan Ginanjar di Cianjur, Jumat, mengatakan, pihaknya meraih penghargaan karena berhasil menempati posisi pertama dalam pencapaian terbesar penerbitan NIB bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM), Mikro dan Usaha Super Mikro.

"Kami ditargetkan menerbitkan 50.846 NIB dan sudah terealisasi 107,39 persen atau 54.602 NIB per 30 Agustus, sehingga pencapaian tersebut menjadikan Cianjur berada di peringkat pertama dari 27 kota/kabupaten di Jabar," katanya.

Dia menjelaskan, setelah penandatangan pakta integritas pertengahan Juli dengan Sekda Provinsi Jabar terkait target 1 juta NIB dan Cianjur mendapatkan target 50.846 NIB, pihaknya langsung melakukan rapat dengan staf dan mengundang camat serta operator untuk membantu pendaftaran NIB.

Bahkan pihaknya membuat Program Layanan Mantap bagi Pelaku Usaha demi Generasi Terdepan Cianjur (Lampu Gentur) dalam bentuk aplikasi dan membuat WhatsApp Grup yang berisikan seluruh camat serta operator se-Kabupaten Cianjur.

“Penghargaan ini didapat berkat kinerja serta bantuan dari para camat dan operator dari 32 kecamatan yang dapat menyumbangkan sekitar 25 ribu NIB di akhir Agustus, bahkan pada hari Jumat (11/10) sudah mencapai 120 persen atau kurang lebih 62 ribu NIB,” katanya.

Dia menjelaskan untuk mempermudah pelaku usaha dalam mendapatkan NIB selama ini, pihaknya menggelar dua kali kegiatan dalam sepekan dengan mendatangi kecamatan hingga desa serta ikut dalam setiap kegiatan Desa Manjur bersama Bupati Cianjur Herman Suherman.
Sehingga pelaku usaha tidak perlu datang ke kantor dinas guna mendapatkan NIB, cukup datang dalam kegiatan pemkab dimana petugas akan membantu setiap pelaku usaha dalam mendaftarkan usahanya, sehingga dapat memudahkan mereka dalam pemasaran sampai dengan peminjaman modal.

"Kami akan terus membantu pelaku usaha dalam mendapatkan NIB dengan mudah dan cepat, sehingga ketika bidang usaha mereka sudah mendapat nomor induk akan memudahkan dinas terkait di Pemkab Cianjur dalam menjalankan berbagai program termasuk memberikan bantuan," katanya.
 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024