Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan Kamis, merosot dipengaruhi ekspektasi pasar terhadap pemangkasan suku bunga acuan bank sentral Amerika Serikat (AS), Fed Funds Rate (FFR), yang moderat.
 
Pada akhir perdagangan Kamis, rupiah melemah 48 poin atau 0,31 persen menjadi Rp15.678 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp15.630 per dolar AS.
 
"Kinerja mata uang rupiah melemah imbas dolar AS terus menunjukkan kekuatannya di tengah ekspektasi pasar terhadap pemotongan suku bunga yang moderat oleh Federal Reserve (Fed) sebesar 25 basis poin pada pertemuan bulan November," kata analis ICDX Taufan Dimas Hareva saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Kamis.

Selain itu, risalah Federal Open Market Committee (FOMC) yang hawkish dari pertemuan September 2024 menegaskan pandangan bahwa pengetatan kebijakan Fed mungkin berlanjut, memberikan dukungan lebih lanjut bagi dolar AS dan akan berdampak pada pelemahan kinerja rupiah.

Di sisi lain, tekanan pada mata uang rupiah terjadi di tengah melemahnya ekonomi China, yang merupakan mitra dagang utama Indonesia.

Upaya pemerintah China untuk mendorong pertumbuhan melalui stimulus tidak memenuhi harapan investor, menyebabkan kekhawatiran berlanjutnya perlambatan ekonomi di negara tersebut.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rupiah merosot dipengaruhi ekspektasi pemangkasan FFR yang moderat
 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024