Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) memaksimalkan kehadiran Stadion Pangelangan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sebagai pusat pelatihan atletik nasional untuk mencetak atlet berprestasi.

“Tidak ada alasan tidak melahirkan atlet berprestasi. Jawa Barat ini gudang atlet-atlet, tidak ada alasan kita tidak bisa menghadirkan atlet-atlet berkelas internasional. Ini mimpi saya,” kata Ketua Umum PB PASI Luhut Binsar Pandjaitan usai meresmikan pusat pelatihan atletik nasional di Kabupaten Bandung, Kamis.

Baca juga: Kementerian PUPR tuntaskan pembangunan Stadion PB PASI di Pangalengan Bandung

Luhut mengungkapkan pembangunan fasilitas bagi para atlet ini sudah dirancang sejak tiga tahun lalu dengan dukungan penuh dari Presiden Joko Widodo.

Pusat pelatihan seluas 10 hektare ini menjadi tempat berdirinya lintasan lari beserta fasilitas pendukung lainnya, seperti asrama untuk 92 atlet nasional, pusat kebugaran, ruang ganti atlet, ruang kelas, serta parkir kendaraan yang luas.

“Jadi atlet akan bisa berlatih dengan baik. Di sini kita punya asrama yang bagus, pertandingan yang bagus, kita tidak terganggu lagi seperti di Stadion Madya, Jakarta,” kata dia.

Dengan fasilitas dan dukungan yang maksimal dari PB PASI, Luhut berharap para atlet dapat menunjukkan prestasi gemilang dalam setahun ke depan.

Menurutnya, arena pelatnas yang dibangun di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut itu dinilai sangat ideal untuk meningkatkan kebugaran atlet dan mendukung pencapaian rekor-rekor baru di kancah nasional maupun ASEAN.


“Kita berharap dengan kehadiran pusat pelatihan atletik di Pangelangan ini mestinya kita bisa pecahkan rekor-rekor bukan hanya Indonesia tapi ASEAN,” katanya.

Fasilitas pusat pelatihan di Pengalengan diproyeksikan dapat menampung hingga 100 atlet yang dilengkapi sarana dan prasarana untuk semua nomor cabang atletik seperti lintasan lari 8 lintasan, lintasan extra sprint 100 meter, lompat jauh dan jangkit, lempar lembing.

Selain itu, terdapat lintasan steeplech, lempar cakram, lintar martil, lompat galah, tolak peluru, lompat tinggi, sarana hill run, dan tribun penonton.
 

Baca juga: PASI optimalkan arena latihan baru di Pangalengan Bandung

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PB PASI maksimalkan Stadion Pangelangan untuk cetak atlet berprestasi

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024