Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu, untuk menghadiri kegiatan Nusantara TNI Fun Run.

"Esok hari, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana diagendakan untuk menghadiri Nusantara TNI Fun Run yang diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai unsur, yaitu TNI, media, hingga masyarakat umum," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam keterangannya di Jakarta.

Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana Joko Widodo berangkat menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 13.30 WIB.

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Presiden, Ibu Iriana, dan rombongan terbatas akan berganti moda transportasi Helikopter Super Puma TNI AU menuju IKN.

Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Raja Juli Antoni mengatakan TNI Fun Run dilaksanakan pada Minggu (6/10) sebagai rangkaian peringatan HUT Ke-79 TNI.

"Menjelang pagi hari di IKN kita akan melaksanakan TNI Fun Run. Jumlah pesertanya sekitar 3.200 orang, 5K," katanya melalui akun Instagram @rajantoni.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja kali ini adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional Raja Juli Antoni, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana, serta Plh. Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Heri Purwanto.
Sementara itu, tampak melepas keberangkatan Presiden di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta yaitu Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Pangdam Jaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin, serta Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Destianto Nugroho Utomo.

 Ribuan peserta

Sebanyak 2.500 peserta akan meramaikan Nusantara TNI Fun Run di Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia di Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur untuk merayakan hari ulang tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia, Minggu (6/10).

"Antusiasme masyarakat cukup tinggi untuk ikut Nusantara TNI Fun Run, target 2.500 peserta sudah terpenuhi," ujar Staf Khusus Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bidang Komunikasi Publik sekaligus Juru Bicara OIKN Troy Pantouw di Sepaku, Penajam Paser Utara, Sabtu.
 
Peserta yang mengikuti lomba lari gembira sebagai bentuk dukungan terhadap peringatan HUT TNI tersebut berasal dari berbagai komunitas lari, masyarakat umum, serta dari sejumlah kelembagaan dan instansi.
 
Agenda Nusantara TNI Fun Run menjadi simbol atas kontribusi TNI dalam menjaga keamanan dan stabilitas pembangunan Kota Nusantara, menurut dia, diharapkan dapat menjadi bagian dari perayaan berkelanjutan yang melibatkan elemen bangsa.
 
"Rute Nusantara TNI Fun Run melalui kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) Kota Nusantara, jadi berikan kesempatan masyarakat untuk rasakan kemajuan pembangunan ibu kota baru Indonesia," tambahnya.
 
Jalur atau rute lomba lari gembira sepanjang lima kilometer melintasi sejumlah kawasan penting di KIPP Kota Nusantara, termasuk Jalan Grande depan Istana Negara, Plaza Seremoni, dan Taman Kusuma Bangsa.
 
Para peserta bakal disuguhi pemandangan alam yang indah dan kawasan ikonis di ibu kota baru Indonesia, dapat memberikan pengalaman berlari yang menyegarkan dan unik, di akhir kegiatan peserta akan dihibur dengan penampilan Nella Kharisma dan Black Forest Band.

Kota Nusantara ditutup untuk kunjungan kedinasan dan masyarakat umum pada 6 Oktober untuk kelancaran, keamanan, dan ketertiban Nusantara TNI Fun Run, jelas Troy Pantouw, kunjungan kedinasan dan masyarakat umum dibuka kembali seperti biasa pada Senin (7/10).

Lomba lari gembira memperingati HUT ke-79 TNI tersebut selain melibatkan OIKN dan TNI, juga Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Bank Mandiri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, serta komunitas lari dari berbagai daerah termasuk dari Kalimantan Timur.
 
"Keterlibatan Bank Mandiri dalam Nusantara TNI Fun Run merupakan bentuk komitmen dalam pengembangan Kota Nusantara," kata Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Teuku Ali Usman.
 
Lomba lari gembira dapat menjadi wadah menyampaikan kesiapan Kota Nusantara sebagai pusat pemerintahan kepada pemangku kepentingan, dan menjadi pelopor kegiatan olahraga lainnya, serta meningkatkan ekonomi dan promosi para investor di ibu kota baru Indonesia, demikian ucapnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden Jokowi bertolak ke IKN hadiri Nusantara TNI Fun Run

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024