Antarajabar.com  - Selama semester pertama 2015 PLB Distribusi Jabar Banten (DJBB) menyelamatkan 53,5 juta KWH atau setara Rp53 miliar dari kegiatan pemeliharaan jaringan listrik bertegangan 20 ribu volt tanpa harus melakukan pemadam, kata Deputi Manajer Komunikasi PLN DJBB Ahmad Syah di Bandung, Rabu.

"Dengan pemeliharaan saluran udara tegangan menengah 20 ribu volt tanpa pemadaman maka pasokan listrik pada jaringan itu tetap terjaga, sehingga PLN tetap memanfaatkan tenaga listrik," kata Ahmad Syah.

Dampaknya kata dia PLN terhindar dari kerugian akibat kehilangan kesempatan menjual tenaga listrik akibat pemadaman. Pemeliharaan preventif jaringan  tanpa padam itu dilakukan oleh tim pekerha dalam keadaan bertegangan tegangan menengah (PDKB-TM) secara rutin di 17 area kerja PLN DJBB.

Tim PDKB TM merupakan regu teknisi distribusi dengan keahlian dan kompetensi khusus untuk memelihara jaringan listrik SUTM dalam keadaan bertegangan 20 ribu volt. Dalam menjalankan tugasnya petugas tidak menyentuh langsung jaringan listrik karena menggunakan alat bantu khusus.

"Saat ini Tim PDKB-TM mempersiapkan pembentukan tim pola sentuh langsung, dimana tim menggunakan sarana pendukung yaitu kendaraan crane yang berisolasi tahan 24 ribu volt yang membawa petgas ke posisi mendekati jaringan," katanya.

PLN DJBB menggelar Bhakti PDKB PLN di kawasan Cileungsi Kabupaten Bogor yang merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-70 Kemerdekaan RI yang digelar di kawasan Gunung Putri dan Banten selatan, 25-28 Agustus 2015.

Sementara itu Manajer Area PLN Area Gunung Putri, Martindar Jalu Respati mengatakan kegiatan Bhakti PDKB tersebut dilakukan di 14 titik di kawasan Gunung Putri Bogor yang dilakukan oleh tim gabungan dari delapan tim PDKB dari delapan area.

Kegiatan yang digelar adalah melakukan penggantian isolator tumpu, pemeliharaan jamper 3 phasa, pemasangan fuse cut out pada cabang, LBS mekanik, serta arrester gardu. Kegiatan itu kata dia ditargetkan mampu menyelamatkan 204 KWH atau setara Rp226 juta.

"Total untuk wilayah Gunung Putri selama semester I 2015 tim PDKB telah menyelamatkan 3,1 juta KWH meter setara dengan Rp2,9 miliar," kata Murtindar Jalu Respati. 

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015