Sebanyak lima nama diusulkan jadi pimpinan DPRD Provinsi Jabar, dalam rapat paripurna pengumuman usulan calon pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Barat definitif masa jabatan 2024-2029.

Ketua DPRD Jawa Barat sementara Taufik Hidayat mengungkapkan bahwa nama-nama calon pimpinan DPRD Jawa Barat definitif masa jabatan 2024-2029 tersebut adalah Ketua DPRD Jawa Barat Buky Wibawa, Wakil Ketua I Iwan Suryawan, Wakil Ketua II M.Q. Iswara, Wakil Ketua III Ono Surono, Wakil Ketua IV Acep Jamaludin.

"Rapat paripurna ini, sebagaimana amanat Pasal 111 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, terkait pimpinan DPRD definitif. Kami juga telah menyampaikan surat kepada ketua DPD, dan DPW partai politik yang berhak mengajukan pimpinan DPRD. Saat ini kami telah menerima usulan nama-nama calon pimpinan DPRD Jawa Barat yang dimaksud," kata Taufik Hidayat di Rapat Paripurna DPRD Jabar, Selasa.

Penyampaian usulan calon pimpinan DPRD Jawa Barat definitif masa jabatan 2024-2029 ini, disampaikan oleh Plh Sekretaris DPRD Jawa Barat, sekaligus dibacakan juga rancangan keputusannya.

"Dalam hal ini perlu kami sampaikan keputusan DPRD diperlukan untuk memenuhi salah satu persyaratan pengajuan calon pimpinan DPRD kepada Kemeneterian Dalam Negeri," ujarnya.

Setelah diumumkan dan ditandatangani keputusan DPRD dimaksud, maka akan ditindaklanjuti sesuai ketentuan yang berlaku.

Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin yang hadir juga di dalam rapat paripurna, berharap setelah penyampaian dan penandatanganan usulan calon pimpinan DPRD Jawa Barat definitif masa jabatan 2024-2029 ini, segera disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri RI, sehingga bisa segera membahas APBD.
"Saya berharap mudah-mudahan dalam minggu ini sudah ditetapkan (dilantik pimpinan DPRD Jawa Barat)," ucap Bey.

Selain dihadiri oleh Taufik dan Bey, rapat paripurna ini juga turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Jawa Barat sementara Iwan Suryawan, serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024