Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia menyampaikan proyek pembangunan pipa transmisi gas bumi Cirebon-Semarang (Cisem) tahap II, ruas Batang-Cirebon-Kandang Haur sepanjang 245 kilometer memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) pipa hingga 100 persen.
 
"Ini alhamdulillah tadi saya tanya perusahaan yang mengerjakan, semua pipanya dalam negeri ya, jangan pakai luar negeri kalau dalam negeri ada. Jadi kita berikan applause kepada pengusahanya karena pipanya semua TKDN 100 persen," kata Bahlil dalam pernyataannya di Jakarta, Selasa.
 
Ia menyampaikan proyek senilai Rp2,7 triliun yang berasal dari APBN itu memang sudah disepakati sedari awal agar menggunakan komponen lokal minimal 60 persen, dengan harapan memberikan manfaat dan nilai tambah bagi pertumbuhan industri dalam negeri.
 
Menurutnya, dengan mengutamakan produk dan komponen yang diproduksi secara domestik, proyek ini membuka peluang bagi pelaku industri untuk berkontribusi dalam pemajuan infrastruktur energi, sehingga hal tersebut tak hanya meningkatkan kapasitas produksi, tetapi juga merangsang inovasi dalam pengembangan produk yang berkualitas, sekaligus substitusi impor.
 
Lebih lanjut, Bahlil mengatakan, selain memberikan dampak ekonomi langsung, proyek Cisem tahap II juga memberikan "multiplier effect" jangka panjang bagi ketahanan energi nasional.

 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menteri Bahlil sebut Proyek Cisem II miliki TKDN pipa 100 persen

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024